Dua siswi SMANSA Bangkinang Kota juara melukis

id Lomba melukis, smansa bangkinang

Dua siswi SMANSA Bangkinang Kota juara melukis

Para pemenang lomba lukis di Kodim Kampar. (ANTARA/Netty M)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Dua siswi SMA Negeri 1 Bangkinang Kota meraih juara melukis yang ditaja Kodim 0313/KPR di aula Makodim, Ahad.

Dua siswi berprestasi itu adalah RR. Laksana Cinta mendapatkan juara 1 dan Citra Wulandari juara 2 yang masing-masing membawa pulang piala dan uang pembinaan.

Menyusul sebagai juara ke-3 yakni Afifah Zukrina siswi SMA N 2 Siakhulu dan pada posisi ke-4 diraih oleh Yusmi Randa sisiwi SMA N 1 Kampar.

Ada 20 peserta dari tujuh sekolah yang mengikuti lomba itu, masing-masing melukis bebas dengan waktu diberikan panitia selama 6 jam sejak pukul 09.00 WIB.

"Setiap tahun, sejak 2019 kegiatan Komunikasi Sosial Kreatif di wilayah Kodim 0313/KPR ini digelar, namun untuk semester II tahun anggaran 2021 menggelar lomba melukis dengan tema Membentuk SDM Kreatif, inovatif dan adaptif," kata Kasdim mayor inf. Sandi Wijaya saat membuka kegiatan mewakili Komandan Kodim Letkol Inf. Leo Octavianus M Sinaga.

Dia mengatakan lomba ini dilaksanakan untuk mewujudkan generasi yang tangguh untuk negara RI serta menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Selain itu, kata dia, kegiatan itu juga untuk menumbuhkan bakat dan menjiwai seni lukis supaya generasi muda dapat terhindari dari segala perilaku negatif dengan terus mengukir prestasi dengan berkarya sehingga memperbesar rasa saling menghargai dan menghormati.

Para peserta yang menang akan ikut lomba di tingkat Korem. Selanjutnya, untuk terbaik tingkat Korem akan dikirim untuk diperlombakan di tingkat Kodam selanjutnya pemenang akan tampil di tingkat pusat dan ajan diberikan penghargaan dari Kasad atas prestasi dan partisipasinya.

Sementara itu juri yang menilai karya itu, Ketua Tim Juri, Sofiarman menyampaikan kriteria lomba sesuai dengan tema yang telah ditetapkan panitia juga kebersihan dan keindahan lukisan.

Sementara Guru pendamping SMANSA Bangkinang Kota, Samiwartini merasa sangat bangga, dua siswanya membawa pulang dua piala.

"Alhamdulillah, saya sangat senang dan bangga mereka dapat juara dan membawa nama baik sekolah, ternyata banyak potensi murid yang berbakat di bidang seni", kata guru seni budaya ini yang akrab dipanggil Bu Wang ini.

Peserta lomba yang ikut adalah SMA Negeri 1 Tapung Hulu, SMA N 2 Siakhulu, SMAN 1 Kampar Kiri, SMAN 1 Kecamatan 13 Koto Kampar, SMA N 1 Rumbio Jaya, SMANSA Bangkinang Kota dan SMA N 1 Kampar.