Puan Maharani tegaskan komitmen DPR untuk jalankan empat fungsi di Masa Sidang II

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, DPR

Puan Maharani tegaskan komitmen DPR untuk jalankan empat fungsi di Masa Sidang II

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. (ANTARA/HO-DPR RI/pri)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa lembaganya memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan berbagai upaya dan kebijakan melalui empat fungsi yaitu legislasi, anggaran, pengawasan, dan diplomasi khususnya di Masa Sidang II Tahun Sidang 2021-2022.

Menurut dia, hal tersebut secara khusus dilakukan untuk dapat memperkuat upaya penanganan pandemi COVID-19 dan percepatan pemulihan ekonomi dan sosial.

"Hal itu agar kehidupan rakyat bisa kembali pulih dari dampak pandemi COVID-19," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Puan Maharani ajak generasi muda jangan berhenti bicara kebhinekaan-persatuan

Dia menilai ada sejumlah agenda penting yang akan dikawal DPR RI di Masa Sidang II, termasuk mengenai pembahasan waktu pelaksanaan Pemilu Serentak 2021.

Puan mengingatkan agar kerja DPR RI yang masih tetap menerapkan rapat-rapat gabungan fisik dan virtual, harus dilaksanakan secara efektif dan efisien.

“Kita harus tetap waspada terhadap kemungkinan lonjakan kasus COVID-19 walaupun saat ini telah melandai khususnya di Provinsi DKI Jakarta. Meski begitu, kerja-kerja DPR RI harus tetap berjalan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi rakyat," ujarnya.

Baca juga: Puan Maharani akan hadiri forum parlemen negara G20

Selain itu dia mengingatkan agar para anggota DPR RI memanfaatkan Masa Sidang II untuk menyalurkan aspirasi konstituen masing-masing melalui fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran yang dimiliki DPR.

Menurut dia, hasil anggota DPR menyerap aspirasi di lapangan harus dirasakan masyarakat melalui kerja-kerja parlemen.

Baca juga: Puan Maharani undang Pimpinan DPR AS hadiri P20 di Indonesia

Puan mengatakan, DPR RI selalu dituntut dapat responsif terhadap berbagai permasalahan yang berkaitan dengan urusan rakyat, karena itu lembaganya akan secara efektif mendorong Pemerintah agar kinerjanya semakin baik dalam menangani pelayanan kepada masyarakat.

"Hal itu agar rakyat selalu merasakan kehadiran negara dalam membantu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya," ujarnya.

Baca juga: Puan Maharani harap calon Panglima TNI laksanakan kebijakan pertahanan negara

Pewarta: Imam Budilaksono