Mobil listrik Porsche Taycan ungguli penjualan mobil "sport" legendaris 911

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,otomotif

Mobil listrik Porsche Taycan ungguli penjualan mobil "sport" legendaris 911

Mobil listrik Porsche Taycan. (ANTARA/HO-Porsche AG)

Jakarta (ANTARA) - Mobil listrik Porsche Taycan telah terjual lebih banyak dari mobil sport legendaris era mesin pembakaran 911 untuk pertama kalinya, menggarisbawahi pergeseran mobil sport dari pabrikan Jerman ini ke arah daya baterai.

Produsen mobil itu mengatakan pada Jumat (15/10) waktu setempat bahwa sedan sport Taycan, yang tengah bersaing dengan sedan Tesla Model S, telah beringsut melewati jajaran mobil lain produksinya dengan 28.640 kendaraan terjual hingga September. Sementara pengiriman mobil sport 911 hanya mencapai 27.972 pada periode yang sama.

Baca juga: Toyota kembali pangkas produksi karena kekurangan suku cadang

Pengiriman keseluruhan naik 13 persen selama sembilan bulan pertama. Hal tersebut menandakan tingkat ketahanan perusahaan di tengah krisis kekurangan chip yang berkepanjangan yang telah memaksa banyak produsen untuk menghentikan produksi sementara waktu.

“Daftar pesanan terisi dengan baik dan kami sangat antusias dengan beberapa bulan terakhir tahun ini. Namun demikian, situasi pandemi COVID-19 secara global tetap tidak stabil dan kami menghadapi tantangan signifikan pada pasokan semikonduktor,” kata kepala penjualan Porsche Detlev von Platen dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laporan Bloomberg pada Sabtu.

Baca juga: GESITS targetkan penjualan sebanyak 7.000 unit motor tahun ini

Merek paling menguntungkan Volkswagen AG menambahkan versi Taycan yang lebih laris ke jajarannya tahun ini. Pabrikan mengharapkan kendaraan listrik bisa melebihi dari 80 persen dari pengiriman global pada tahun 2030, dengan varian full baterai dari SUV Macan yang akan diluncurkan di showroom pada tahun 2023.

Porsche terbukti relatif tahan terhadap kekurangan semikonduktor global selama sembilan bulan pertama, dengan total pengiriman meningkat menjadi 217.198 kendaraan. Penjualan mendapat dorongan dari lonjakan pengiriman sebesar 30 persen di Amerika Serikat yang menjadi pasar terbesar kedua Porsche setelah China.

Sementara itu, SUV Cayenne dan Macan versi yang sedikit lebih kecil tetap menjadi merek terlaris dengan masing-masing lebih penjualan dari 60.000 unit.

Baca juga: Mitsubishi jual hampir 9 ribu unit kendaraan selama bulan September

Baca juga: Kendaraan New Mercedes-AMG diperkenalkan di AMG Track Day 2021