Pengguna internet meroket, tanda pembangunan infrastruktur telekomunikasi berhasil

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, internet

Pengguna internet meroket, tanda pembangunan infrastruktur telekomunikasi berhasil

Petugas sedang uji coba jaringan internet di ruang Main Command Center (MCC) Sasana Krida kantor Gubernur, Kota Jayapura, Papua, Senin (30/8/2021). Memiliki 42 Video Wall, 32 PC dengan sistem teknologi terkini, internet utama dan backup, Main Command Center (MCC) menjadi pusat monitoring dari 4 cluster PON yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Timika. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH/foc)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan peningkatan yang pesat terhadap pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya terjadi berkat adanya keberhasilan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

"Seperti Palapa Ring, dan upaya peningkatan literasi digital masyarakat yang sekarang ini sedang kita galakkan," ungkap Johnny G. Plate dalam keterangan resminya Senin.

Baca juga: Kominfo tangani 2,5 juta konten internet terlarang dari Agustus 2018-Juli 2021

Dalam hal ini, dengan semakin bertambahnya pengguna internet dan juga pengguna media sosial di Indonesia merupakan sebuah peluang pengembangan komunikasi publik berbasis internet.

"(Termasuk) pemanfaatan berbagai platform media sosial dalam penyelenggaraan komunikasi publik nasional. Di mana publik ada, di situ kita hadir membangun interaksi untuk menyampaikan informasi sekaligus menyerap aspirasi," kata dia.

Baca juga: Migrasi siaran TV analog ke digital bisa hasilkan internet cepat

Menurut Menteri Johnny, pelaksanaan komunikasi publik kita tidak bisa hanya mengandalkan satu metode untuk menjangkau publik yang beragam.

"Selain publik di dunia maya, kita juga perlu merangkul berbagai lembaga dan sistem informasi dan komunikasi yang berada di dunia nyata, dengan bentuk tradisional atau konvensional, seperti pertunjukan rakyat dan forum pertemuan dan musyawarah. Keberadaannya dapat dimanfaatkan sebagai mitra dalam pembangunan dan penyelenggaraan komunikasi publik," paparnya.

Baca juga: PLN ekspansi bisnis ke penyediaan jasa layanan internet serat optik

Kendati demikian, Menkominfo menegaskan kembali bahwa hubungan yang harmonis antarinstansi pemerintah dan pemerintah dengan publik harus membawa dampak yang signifikan dalam hal pembangunan.

"Dukungan dari masyarakat dan pemangku kepentingan dapat mengakselerasi proses pengambilan keputusan untuk mengakomodir kepentingan masyarakat; yang pada akhirnya berimplikasi pada akuntabilitas, kepercayaan publik terhadap pemerintah, serta kredibilitas pemerintah," tandasnya.

Baca juga: Delameta uji coba teknologi internet berkecepatan tinggi Starlink milik Tesla