Remaja tewas diterkam harimau di Teluk Lanus Siak, BBKSDA pasang jebakan

id Harimau, harimau teluk lanus, harimau siak,Harimau terkam warga siak

Remaja tewas diterkam harimau di Teluk Lanus Siak, BBKSDA pasang jebakan

Tim BB KSDA turun memasang box trap.(ANTARA/HO-BB KSDA Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau memasang box trap(jebakan) untuk mengevakuasi harimau yang dilaporkan warga Teluk Lanus, Kabupaten Siak, telah menerkam seorang remaja hingga tewas dengan kepala terpisah dari tubuhnya.

"Saat ini Tim Balai Besar KSDA Riau telah diturunkan untuk memasang 'box trap' agar Harimau Sumatera dapat dipindahkan dari lokasi konflik manusia dan satwa tersebut," kata Kepala Bidang Teknis KSDA, M. Mahfud di Pekanbaru, Senin.

Sebelumnya pada Minggu (29/08) di area PT. Sawit Unisraya, Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak dilaporkan telah terjadi penyerangan oleh Harimau sumatera terhadap salah seorang pekerja PT. Unisraya. Korban atas nama MA (16 th), berasal dari Kecamatan Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Sumatera Utara.

Adapun saksi pada kejadian tersebut Rustam (ayah korban) saat itu bersama anaknya sedang memperbaiki mesin disel (mesin lampu) Camp eks. PT. Unisraya yang rusak. Saat Rustam sibuk memperbaiki mesin disel, korban meminta izin kepada ayahnya untuk ke pelabuhan mencari jaringan jaringan telepon seluler karena di dekat Camp/rumah tinggal korban tidak ada sinyal.

Setelah Rustam memperbaiki mesin, dia tidak melihat anaknya kembali dan berusaha mencari anaknya dengan memangil-manggil namanya ke arah pelabuhan. Lalu dia pergi mencari anaknya ke pinggir laut dan setelah berjalan sekitar 150 meter Rustam menemukan ponsel milik anaknya tergelatak di tanah.

Rustam melihat di sekitar lokasi terdapat banyak bercak darah yang berserakan di tanah dan bekas seretan menuju ke dalam hutan. Dia kembali ke Camp sambil berteriak meminta tolong dan rekan-rekan kerja eks PT. Uniseraya datang bersama-sama untuk mencari korban.

"Menurut saksi -saksi bahwa korban telah diterkam Harimau sumatera pada saat lampu dalam keadaan padam sehingga saat penerkaman tidak terlihat. Pencarian berhasil menemukan titik terang dimana korban berada dalam kondisi yang mengenaskan pada pukul 23.01 WIB," ujar Mahfudh.

Baca juga: KLHK gagalkan penjualan kulit harimau dan janin rusa di Kuansing

Baca juga: Remaja di Teluk Lanus Siak tewas diterkam harimau, ditemukan tak berkepala