Manchester City cukur gundul 5-0 10 Arsenal

id liga inggris,manchester city,arsenal,ferran torres,ilkay gundogan,gabriel jesus,rodri hernandez,granit xhaka

Manchester City cukur gundul 5-0 10 Arsenal

Gelandang serang Manchester City Ferran Torres merayakan gol keduanya ke gawang Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (28/8/2021). (ANTARA/REUTERS/Russell Cheyne)

Arsenal yang masih nirpoin terjerembab jadi juru kunci
Jakarta (ANTARA) - Si Biru Langit Manchester City meraih msncukur habis 5-0 atas Arsenal, yang harus menuntaskan pertandingan hanya dengan 10 pemain, dalam laga pekan ketiga Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu.

City sudah memimpin 2-0 berkat gol-gol Ilkay Gundogan dan Ferran Torres, ketika Arsenal harus kehilangan Granit Xhaka karena kartu merah. Gabriel Jesus, Rodri Hernandez dan Torres kemudian melengkapi pesta lima gol tanpa balas sang juara bertahan.

Hasil tersebut membawa City melompat naik ke puncak klasemen sementara dengan raihan enam poin, sedangkan Arsenal yang masih nirpoin terjerembab jadi juru kunci, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tim besutan Pep Guardiola tampil agresif sejak sepak mula dan tujuh menit pertandingan berjalan mereka langsung mampu membuka keunggulan ketika Jesus mengirim umpan silang ke area tiang jauh, di mana Gundogan bergerak di luar kawalan untuk menaklukkan kiper Bernd Leno.

Lima menit berselang, keunggulan City langsung berganda ketika Torres melakukan penyelesaian sederhana menyambut umpan tarik Bernardo Silva sama sekali gagal diantisipasi oleh barisan pertahanan Arsenal yang kacau balau.

Arsenal nyaris mendapat hadiah gol dari kiper Ederson Moraes yang melakukan blunder saat umpannya dipotong oleh Emile Smith Rowe, beruntung bagi tuan rumah bola masih melenceng dari gawang.

Petaka bagi tim tamu berlanjut pada menit ke-35 saat Xhaka melakukan jegalan berbahaya terhadap Joao Cancelo yang segera disambut wasit Martin Atkinson dengan mengeluarkan kartu merah dari sakunya.

Dua menit jelang turun minum, City menambah keunggulan mereka saat Jack Grealish melakukan pergerakan apik melewati hadangan Calum Chamber sebelum mengirimkan umpan yang bisa dikendalikan oleh Jesus sebelum mencetak gol ketiga ke gawang Arsenal.

Ketertinggalan 0-3 memaksa Mikel Arteta menarik keluar Bukayo Saka dan menggantikannya dengan Mohamed Elneny di awal babak kedua, dengan harapan lini tengah dan pertahanan Arsenal menjadi lebih rapat.

Namun, perubahan yang diharapkan tidak nampak dan delapan menit memasuki babak kedua Rodri mencetak gol keempat City dengan tendangan melengkung yang sempat membentur tiang sebelum bersarang ke dalam gawang Arsenal.

Arus pertandingan terus berlangsung satu arah dan enam menit jelang bubaran waktu normal Torres mencetak gol keduanya dengan sundulan menyambut umpan silang akurat kiriman Riyad Mahrez demi melengkapi kemenangan City jadi 5-0 atas Arsenal.

Hasil tersebut membuat City jadi tim pembawa sial sebab Arsenal kini memiliki rekor kekalahan dalam sembilan pertemuan beruntun dari tim kota Manchester, sebagai rentetan kekalahan terburuk di sejarah mereka.

Sebaliknya bagi City, kemenangan itu membuat mereka menyamai torehan mencetak lima gol atau lebih dalam tiga laga kandang mengulangi catatan pada Oktober 2017 serta menyamai rekor yang juga dimiliki Chelsea pada Agustus 2010.

Kedua tim baru akan memainkan laga lanjutan masing-masing selepas jeda internasional dua pekan lagi saat City bertandang ke Stadion King Power menghadapi Leicester City dan Arsenal menjamu tim promosi Norwich City di Emirates.