Bangkitkan sektor UMKM, BRI dan Kemenhub integrasikan Sitolaut dengan layanan digital banking

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, UMKM

Bangkitkan sektor UMKM, BRI dan Kemenhub integrasikan Sitolaut dengan layanan digital banking

Ilustrasi - Direktorat Lalu Lintas Angkutan Laut melakukan trobosan mengoptimalkan kapal tol laut dengan memperluas jangkauan hingga daerah pegunungan Papua yaitu dengan multimoda bekerjasama angkutan darat dan udara. (ANTARA/Kemenhub)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) dan Kementerian Perhubungan mengintegrasikan aplikasi Sitolaut dengan aplikasi BRISTORE dan BRIVA Web Service sebagai layanan pembayaran dan penyampaian informasi pendaftaran.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menyatakan langkah ini dilakukan untuk membangkitkan dan mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program Tol Laut.

Baca juga: Kemenparekraf dukung dompet digital jadi lokomotif digitalisasi UMKM

"BRI akan terus melakukan dukungan terhadap para pelaku UMKM di Indonesia salah satunya dengan mensinergikan layanan Tol Laut yang dimiliki oleh Kementerian Perhubungan RI," katanya di Jakarta, Sabtu.

Program Tol Laut merupakan salah satu kebijakan strategis yang dicetuskan oleh Presiden RI Joko Widodo dengan konsep pengumpulan, pengangkutan, dan pengiriman logistik kelautan antar pulau.

Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di Nusantara untuk mengurangi disparitas harga baik antar wilayah, antar pulau, antar daerah, serta memangkas biaya logistik yang mahal.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir ingin UMKM Jatim disukai dan dicintai konsumen global

Catur menjelaskan nasabah UMKM BRI yang berjumlah lebih dari 60 persen dari total nasabah BRI atau sekitar 90 juta nasabah akan mampu memperluas pangsa pasar dan mendapat manfaat dari subsidi yang diberikan pemerintah melalui Program Tol Laut.

Integrasi ini juga dapat memudahkan pelaku usaha untuk melakukan transaksi pembayaran atas biaya pemesanan ruang muat kapal yang ditujukan kepada operator kapal secara real time online.

"Artinya dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja," ujarnya.

Baca juga: Apindo yakin penggunaan LCS dengan China akan untungkan pelaku usaha

Pembayaran BRIVA ini dapat dilakukan di seluruh unit kerja dan jaringan e-channel BRI di seluruh Indonesia serta melalui layanan aplikasi BRImo.

Ia pun memastikan BRI terus akan berkomitmen mendukung program pemerintah dengan memanfaatkan dukungan jaringan unit kerja yang tersebar di seluruh wilayah Tanah Air.

Ia berharap BRI dapat terus membuka akses yang lebih luas bagi para pelaku UMKM dalam melancarkan distribusi logistik khususnya kebutuhan pokok di daerah tertinggal, terluar, terdalam dan perbatasan (3TP) dengan program tol laut Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Bhima Yudhistira sebut rights issue BRI dorong UMKM naik kelas lewat BUMN ultra mikro