DPU Dumai Gandeng Swasta Lanjutkan Proyek Air Bersih

id dpu dumai, gandeng swasta, lanjutkan proyek, air bersih

Dumai, (antarariau) - Proyek Air Bersih (PAB) kota Dumai yang sempat tertunda, kembali akan dilanjutkan Pemerintah Kota (Pemkot) setempat melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dengan menggandeng investor.

Kepala Dinas PU Kota Dumai, Joni Amdani mengatakan, sejauh ini sudah ada 3 investor yang serius dan menyatakan ketertarikan mengerjakan lanjutan proyek tersebut dengan kesiapan modal.

"Dari tiga investor, dua diantaranya sudah mulai pembicaraan dengan kita dan menyatakan kesanggupan untuk melanjutkan penyelesaian pekerjaan proyek tersebut," kata Joni, Jumat kepada ANTARA.

Rencana kerjasama dengan pihak ketiga sejauh ini masih sebatas pembangunan lanjutan, belum pada pembicaraan pengelolaan air bersih ke rumah warga di kawasan perkotaan.

Dia menjelaskan, kelanjutan proyek yang dianggarkan sebelumnya sekitar Rp 233 miliar itu merupakan pekerjaan utama yang harus disegerakan pemerintah, mengingat kebutuhan air bersih ini sudah mendesak.

Pihaknya saat ini juga tengah melakukan inventarisasi dan penghitungan aset pipa serta instalansi yang sudah terpasang sebelumnya oleh 3 rekanan Pemkot Dumai.

Kebutuhan anggaran dalam proyek lanjutan ini, menurut Joni, belum dapat dijelaskan karena masih dalam kalkulasi pihaknya dan inventarisasi aset pipa.

"Karena dalam pekerjaan air bersih ini harus ada sistem pipa yang tersambung dan tertata baik, maka kita juga telah menginventarisir pipa sebagai aset untuk mengetahui kualitas dan kondisinya," terang Joni.

Terkait sumber bahan baku air, Joni menjelaskan, akan diselaraskan dengan penggunaan air bersih sistem regional yang dicanangkan Pemerintah Provinsi diatas wilayah Kota Dumai, Kabupaten Rohil dan Bengkalis.

"Pembangunan proyek air bersih ini telah masuk dalam agenda provinsi bersama sejumlah kabupaten lain dengan mempersiapkan sumber air baku berasal dari Sungai Rokan yang berada di Kecamtan Rohil," ujar Joni.