BUMKam dan pesantren di Siak ikuti Program Pertamina Pertashop

id bumkam siak, bumdes siak, pertashop,bbm nonsubsidi

BUMKam dan pesantren di Siak ikuti Program Pertamina Pertashop

Wabup Siak dalam sosialisasi Program Pertamina Pertashop. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Beberapa Badan Usaha Milik Kampung/Desa serta beberapa Perwakilan Ponpes yang ada di Siak mengikutisosialisasi Program Pertamina Pertashop yang diadakan vendor PTSholdan Radi Energi.

Pertashop merupakan Lembaga Penyalur Pertamina Skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM Non Subsidi. Kriteria mitra Pertashop juga meliputi memiliki legalitas usaha yang berbentuk badan usaha atau badan hukum seperti CV, PT dan Koperasi.

Juga memiliki memiliki dokumen legalitas berupa kartu tanda penduduk, nomor pokok wajib pajak, akta perusahaan. Lalu memiliki lahan guna pengoperasian Pertashop, serta mendapatkan rekomendasi dari kepala kampung atau desa.

Wakil Bupati SiakHusni Merza yang membuka kegiatan tersebut menilai sosialisasi ini merupakan suatu peluang baru untuk masyarakat. Khususnya dalam meluaskan distribusi bahan baku minyak dari Pertamina yang nonsubsidi.

"Ini merupakan suatu peluang Bisnis bagi Bumkam yang ada serta juga merupakan suatu peluang bisnis bagi pesantren yang ada di Kabupaten Siak guna mendukung kemandirian pesantren," ujarnya.

Ia berharap agar semua ini bisa terwujud nantinya dengan modal Rp200-300 juta tergantung kelengkapan kebutuhan tempat Pertashop. Sehingga Bumkam yang ada di kampung maupun pesantren perekonomiannya bisa meningkat dan masyarakat tidak perlu jauh jauh dalam mengisi BBM.

"Alhamdulillah juga hari ini ada pihak dari Pertamina, vendornya dari PT. Sholdan Radi Energi untuk memberikan sosialisasi sejauh mana peluang tersebut sehingga bisa dilaksanakan di Kampung Kampung maupun di Pesantren", tuturnya.

Baca juga: BNI-Pertamina kolaborasi berdayakan masyarakat melalui Pertashop