Perusahaan Malaysia Kelola 178 Ribu Hektar Lahan Di Riau

id perusahaan malaysia, kelola 178, ribu hektar, lahan di riau

Pekanbaru, (antarariau) - Tiga perusahaan perkebunan asal Negeri Jiran Malaysia, yakni PT TH Indo Plantation, Minamas, dan PT Adei terdata telah mengelola sedikitnya 178 ribu hektare lahan di Provinsi Riau.

"Sejumlah lahan itu ada di berbagai kawasan di Riau," kata Konsulat Malaysia, Azizan Ismail, di Pekanbaru, Senin.

Jumlah pengelolaan lahan perkebunan itu, lanjutnya, setiap tahunnya mengalami penambahan yang lumayan signifikan.

Menurut dia, dari data tersebut juga masih banyak lagi perusahaan lain asal Malaysia lainnya yang terus menggarap lahan untuk kepentingan perkebunan, mulai kelapa sawit hingga karet atau getah.

Dikatakannya, di Riau juga terdapat banyak tenaga kerja profesional asal Malaysia yang telah lama bekerja di berbagai bidang perusahaan itu.

Dia mengakui, seluruh usahawan itu juga terus menjalankan perniagaan di berbagai unit usaha khususnya perkebunan dan industri lainnya.

Selain perkebunan, demikian Azizan, juga ada usahawan asal Malaysia yang bergerak di bidang perbankan, salah satunya yakni CIMB Niaga.

"Kemudian ada pula di perusahaan industri otomotif seperti Proton. Selanjutnya di bidang pelumas Petronas serta penerbangan seperti Air Asia dan Firefly," katanya.

Sementara khusus bidang perkebunan, lanjutnya, nilai hasil industri per tahun bisa mencapai 612,5 juta dolar AS atau setara dengan Rp6,120 triliun.

Azizan mengharapkan, hubungan antara Indonesia khususnya Riau dengan Malaysia dapat terus terjalin dengan baik guna perkuat perekonomian kedua negara.