Wakaf Rp1000 per hari hasilkan ruko Ponpes Darul Hadist Siak

id Darul hadist, siak, wakaf 1000, berita siak, bupati siak

Wakaf Rp1000 per hari hasilkan ruko Ponpes Darul Hadist Siak

Ruko yang dibangun untuk usaha bisnis Ponpes Darul Hadist Siak. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Gerakan wakaf Rp1000 per hari yang digagas Bupati Siak Alfedri yang juga sebagai Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) setempat tahun lalu membuahkan hasil dengan dibangunnya tempat wudhu dan ruko dua pintu di samping rumah Pondok Pesantren Darul Hadist.

"Kami berterimakasih kepada masyarakat Kabupaten Siak, bersyukur karena semangat umat untuk berwakaf terutama wakaf produktif cukup tinggi," kata Bupati Alfedri didampingi Wakli Bupati Husni Merza saat meninjau pembangunan ruko, di JalanSapta Taruna, Kampung Rempak, Siak, Ahad.

Gerakan wakaf uang ini sudah dimulai Januari 2020 d dengan menempatkan tong di setiap kantor untuk mengumpul uang tersebut.

Menurutnya, jika pembangunan ruko ini selesai, maka dapat digunakan untuk usaha bisnis seperti mini market. Dari hasil usahanya nanti bisa digunakan untuk keperluan pengelolaan Pondok Pesantren Darul Hadist ini, sehingga menjadi mandiri.

"Rencananya ruko ini akan kita bangun bertahap, untuk ruko yang mulai dikerjakan sekarang kita gunakan untuk usaha. Jika bisnis ini berhasil akan mampu menopang ekonomi pondok pesantren," urainya.

Di samping itu kata dia, Ponpes hadist ini banyak diminati masyarakat Kabupaten Siak. Namun karena ruang belajar terbatas, sehingga penerimaan siswa dibatasi tapi walau masih terbilang baru ini sudah memiliki santri yang hafal 500 hadist.

"Kita harapkan nanti dukungan dana wakaf selanjutnya, dapat diarahkan untuk keperluan yang lain. Seperti saat ini yang perlu di bangun, ruang belajar, mesjid, asrama putra putri dan lapangan panah dan berkuda," terangnya.

Ketua Yayasan Sultan Yahya Abdul Rasyid Rianto Pua-Pua mengatakan harta wakaf dapat membantu aktivitas ekonomi sebuah lembaga bahkan Negara. Baik digunakan sebagai sumber modal pembangunan atau yang lain.

Ia berterimakasih kepada umat yang telah mempercayai Badan Wakaf Indonesia kabupaten Siak, sebagai lembaga penyalur wakaf bagi kepentingan umat. Kepedulian warga Siak sangat tinggi terhadap wakaf produktif.

"Ponpes ini berdiri di tanah wakaf. Wakaf ini pahala jariah, ia akan abadi meski orangnya telah tiada," pesannya.