Pemkab Kampar dan Syahrul Aidi serahkan prososal lanjutan pembangunan jalan

id Jalur dua kampar, jalur dua bangkinang, berita kampar,Kabupaten kampar, syahrul aidi

Pemkab Kampar dan Syahrul Aidi serahkan prososal lanjutan pembangunan jalan

Syahrul Aidi (tengah) saat menyerahkan proposal. (ANTARA/HO-Pemkab Kampar)

Kampar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kampar terus berupaya melakukan usaha-usaha percepatan pembangunan di daerahnya, salah satunya adalah lanjutan pembangunan jalan nasional 2 (dua) jalur/ganda sepanjang 3,05 Km dari Sungai Pinang sampai ke jembatan Danau Bingkuang dan usulan pembangunan jalan nasional dua jalur M. Yamin dari Simpang Stadion Tuanku Tambusai sampai Simpang Panca sepanjang 3,725 km.

Usaha PemkabKampar untuk mendapatkan pembangunan jalan nasional dua jalur ini didukung sepenuhnya oleh anggota Komisi V DPR RISyahrul AidiLc. MA. Pembangunan jalan nasional dua jalur ini sudah lama disuarakan oleh anggota DPR RI Syahrul Aidi di Pemerintah Pusat.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar IrAzwan, M.Si didampingi Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Kabupaten Kampar Zaki Helmidan dua staf menemui Syahrul Aidi di kembali menyerahkan proposal usulan pembangunan jalan nasional dua jalur tersebut dan mengikuti rapat kerja dengan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Rabu (9/6/21).

Selanjutnya proposal itu diserahkan bersama-sama ke Dirjen Bina Marga PUPR Hedy Rahadian.

Pertemuan tersebut, selain membahas pembangunan jalan nasional dua jalur, juga banyak membahas peluang pembangunan Kabupaten Kampar seperti pembangunan infrastruktur dan kawasan strategis.

Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian merespon baik keinginan PemkabKampar untuk kelanjutan pembangunan jalan tersebut. "Usulan ini kita tampung dulu, dan kita bahas di tingkat selanjutnya," ujar Hedy.

Syahrul Aidi kepada pers menyampaikan bahwa pembangunan lanjutan jalan nasional dua jalur ini sudah diusulkan sejak ia duduk di DPR-RI ini. Penyampaian proposal ini bagian dari pemenuhan syarat administrasi pembangunan dua jalur ini.

"Insya Allah tahun 2022 ini, lanjutan pembangunan jalan nasional dua jalur ini bisa terealisasi," ujar Syahrul Aidi.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan didampingi Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Zaki Helmi menyampaikan pembangunan jalur ganda batas Kabupaten Kampar – Batas Kota Bangkinang sub segmen Sungai Pinang-Jembatan Danau Bingkuang sepanjang 3,05 Km, sebagai lanjutan

pembangunan jalur ganda ruas jalan yang sudah dilaksanakan oleh Kementerian PUPR sepanjang 16 km dari batas Kabupaten Kampar-Kota Pekanbaru.

Kelanjutan penambahan lajur sampai Jembatan Danau Bingkuang ini

mempunyai nilai strategis menuntaskan pelebaran jalan nasional sampai

Jembatan Sungai Kampar yang sudah terdapat dua jembatan.

Sub Segmen Sungai Pinang– Jembatan Danau Bingkuang saat ini sepanjang 3,05 Km sudah dilakukan pembebasan dan diurugdengan lebar kiri kanan sekitar 15 meter, sehingga lebar total lahan yang tersedia sekitar 36 meter.

Usulan pembangunan pada ruas ini terbagi dua yakni, jalur dua sepanjang 2,67 Km dan 0,65 Km satu jalur.

Terkait Pembangunan Pelebaran lajur Jalan M. Yamin (Bangkinang) selain berdampak positif terhadap lalu lintas, juga sangat besar dampaknya terhadap penataan ruang kota Bangkinang sebagai ibu kota Kabupaten Kampar yang menambah secara signifikan keindahan/estetika Kota Bangkinang itu sendiri.

Baca juga: Polres Kampar bekuk penjarah ratusan perumahan karyawan perusahaan sawit

Baca juga: Anugerah Desa Wisata 2021 digelar, Dispar Riau ajak pengelola mendaftar


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar