UKM Dumai Siap Ramaikan PON

id ukm dumai, siap ramaikan pon

UKM Dumai Siap Ramaikan PON

Dumai, (antarariau) - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Dumai, Riau, menyiapkan para pelaku usaha kecil menengah setempat untuk meramaikan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional pada September 2012.

Kepala Dinas Koperasi, UKM/PM Kota Dumai Mustafa Kadir, Senin, mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan PB PON Provinsi Riau untuk mendirikan stan pameran UKM di setiap venue PON di kota Dumai.

Selain itu, melakukan pendataan kesiapan para pelaku UKM yang bersedia menjajakan dan mengenalkan aneka macam dagangan berupa kerajinan tangan, minuman, dan makanan dodol khas Dumai.

"Kami sudah siapkan kemungkinan hajatan PON di Dumai diramaikan dengan keikutsertaan pelaku UKM. Namun sejauh ini masih didata dan dikoordinasikan dengan panitia PON provinsi," kata Mustafa.

Ia menyatakan, salah satu UKM unggulan yang dipastikan ikut dalam pameran PON ini ialah teh Mas Cotek hasil produk olahan masyarakat setempat. Ditambah dengan produk kerajinan tangan yang cantik dan menarik seperti mainan kunci dan lain sebagainya.

Selain itu, pelaku usaha yang menciptakan berbagai aneka jenis makanan dodol, yaitu dodol singkong, labu dan nenas. Serta aneka makanan keripuk olahan beragam rasa ciptaan petani ubi setempat.

"Belum bisa kami tentukan berapa jumlah pastinya pelaku usaha kecil menengah yang akan ikut meramaikan pesta PON mendatang. Namun sudah ada beberapa yang menyatakan kesanggupannya menyemarakkan PON dengan menjajakan dagangan ciptaannya," terang Mustafa.

Pihaknya berharap, pelaku penggerak ekonomi kemasyarakatan kalangan menengah ke bawah ini dapat memamerkan produknya di setiap venue PON yang ditempatkan di Kota Dumai.

"Kalau didukung pendanaan yang cukup, kami berharap stan pameran UKM ini kami dirikan di tiap venue PON di Dumai. Namun jika tidak bisa, kami akan pusatkan di salah satu tempat strategis yang diprediksi ramai dikunjungi masyarakat," ujarnya.