UKM Dumai Terima Bantuan CSR Pelindo

id ukm dumai, terima bantuan, csr pelindo

Dumai, (antarariau) - PT Pelindo I Cabang Dumai, Riau menyalurkan dana Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) kepada 15 pelaku usaha ekonomi menengah kebawah yang tersebar di kota tersebut.

Bantuan ini diberikan dalam bentuk dana pinjaman lunak dengan pengembalian bunga pertahun sebesar 6 persen. Banyak bantuan yang disalurkan untuk tahap pertama kepada mitra binaan perusahaan BUMN ini berjumlah total sebanyak Rp560 juta.

Humas PT Pelindo I Cabang Dumai Harlem Susanto Purba kepada ANTARA mengatakan, penyaluran PKBL berupa bantuan lunak ini bertujuan untuk membantu pertumbuhan usaha para pelaku ekonomi menengah kebawah.

Dana PKBL merupakan dana sosial dari perusahaan yang disisihkan dari laba dan setiap tahunnya disalurkan dalam rangka membantu meringankan beban pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memeratakan pembangunan.

Diterangkannya, PKBL juga sebagai program bantuan dana yang diberikan kepada masyarakat berbentuk pinjaman lunak modal usaha.

Para penerima selanjutnya akan dibebankan kewajiban untuk mengembalikan dana tersebut dalam kurun waktu tertentu yang sudah disepakati.

"Ini penyaluran tahap pertama tahun 2012 dan penyerahannya dipusatkan di Kota Pekanbaru. Mitra binaan yang menerima bantuan kita merupakan pelaku usaha yang berdomisili di Dumai," ungkapnya.

Sejauh ini, diakuinya, bantuan dengan bunga 6 persen setahun tersebut dinilai cukup berhasil dan membantu menggairahkan sektor pelaku usaha kecil menengah dalam mempertahankan usaha.

"Penyaluran dana PKBL ini sudah kita laksanakan sejak tahun 1996 lalu dan sudah membantu ratusan pelaku usaha kecil menengah. Kita berharap dengan bantuan ini pelaku usaha dapat menggerakkan usahanya dengan lebih baik dan berkembang," terangnya.