Pemerintah Dumai Dorong UKM Ikuti Kemajuan Media Digital

id pemerintah dumai, dorong ukm, ikuti kemajuan, media digital

Pemerintah Dumai Dorong UKM Ikuti Kemajuan Media Digital

Dumai (Antarariau) - Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Dumai mendorong pelaku usaha kecil dan menengah untuk mengikuti kemajuan teknologi informasi atau media digital, dalam bertransaksi karena lebih menguntungkan.

Kepala Bidang UMKM Disperinkop UMKM Dumai Misdiono mengatakan, perubahan dalam kemajuan teknologi saat ini mesti dimanfaatkan pedagang dan tidak terlena dengan pola lama bertransaksi manual atau tatap muka.

"Pelaku usaha kecil menengah terus kita latih untuk mengikuti kemajuan informasi teknologi saat ini agar berkembang dan tidak ketinggalan dengan perubahan," kata Misdiono, Sabtu.

Pengaruh kemajuan teknologi saat ini, lanjutnya, bisa meningkatkan pendapatan usaha dengan bermodalkan android dan paket internet, dan jual beli sudah bisa lintas daerah.

Media digital semakin berkembang jadi media utama saat ini, dan memberikan kemudahan bagi pengguna, sehingga semakin diminati masyarakat dengan marak mendirikan online shop.

"UMKM sarana pengentasan kemiskinan daerah karena banyak serapan kerja, namun perlu diikuti dengan pelatihan khusus pengembangan usaha melalui pemanfaatan media digital," sebutnya.

Keberadaan media digital harus disikapi positif pelaku usaha, dan dengan smartphone pelaku usaha akan mendapatkan kemudahan untuk mengembangkan dan peningkatan pengetahuan serta wawasan.

Bentuk pembinaan lain bagi pelaku UMKM ini, Pemerintah Dumai terus mengadakan pelatihan kewirausahaan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan memotivasi jiwa kewirausahaan.

Pemerintah Dumai hingga kini telah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada 350 pelaku UMKM, dengan harapan produk dihasilkan unggulan daerah dan mendorong partisipasi swasta dalam pengembangan.