AFC: Gol Matsumoto Bawa Jepang Raih Poin Penuh

id afc gol, matsumoto bawa, jepang raih, poin penuh

Pekanbaru, (antarariau) - Gol tunggal Matsumoto membawa Jepang meraih poin penuh saat menghadapi Timor Leste pada pertandingan kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Selasa (10/7).

Dengan kemenangan 1-0 ini Tim Samurai Biru Muda ini kokoh di puncak klasemen dengan sembilan poin dari tiga kali pertandingan. Sebelumnya Jepang mengalahkan Makau 6-0 dan menang atas Singapura 3-1.

Sebetulnya permainan kedua tim di babak pertama cukup seimbang. Timor Leste yang mengharapkan kemenangan berusaha memberikan tekanan terlebih dahulu. Bahkan beberapa kali tekanannya mampu merepotkan barisan pertahanan Tim Samurai Biru Muda itu.

Terus melakukan serangan, transisi dari menyerang ke bertahan terlambat. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Jepang dengan langsung menusuk ke pertahanan anak asuh Norio Tsukitate itu.

Akhirnya pada menit 23, anak asuh Yushasi Yoshida yaitu Matsumoto mampu menjebol gawang Timor Leste yang dikawal oleh kiper keduanya, Juliao Monteiro dan membuat kedudukan menjadi 1-0 untuk Jepang.

Unggul 1-0 membuat pemain Jepang menguasai jalannya pertandingan. Upaya Timor Leste untuk menyamakan kedudukan selalu terganjal dan kondisi ini berlangsung hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Jepang langsung menggebrak. Pola serangan pun lebih tertata sehingga dengan mudah menerobos barisan pertahanan Timor Leste. Seperti yang dilakukan Hirota menit 56 dan 59. Meski memegang kendali, pemain dengan nomor punggul 29 gagal memenfaatkan kesempatan.

Kesempatan juga diraih oleh Timor Leste. Hanya saja peluang di mulut gawang gagal dimanfaatkan oleh Diogo Santos Rangel karena tendangannya masih di atas mistar gawang Jepang.

Terus ditekan, giliran anak asuh Yushasi Yoshida yang menekan. Beberapa peluangpun terjadi. Hanya saja tendangan keras Arano hanya membentur mistar gawang dan belum mengubah kedudukan.

Memasuki akhir babak kedua kedua tim terlihat kelelahan. Serangan yang dibangun sering salah sasaran sehingga tidak membuahkan hasil. Hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir kedudukan tetap 1-0 untuk kemenangan Jepang.

Susunan pemain

Timor Leste : Juliao Monterio (pg)/KK, Raimundo Jose Do Rego Sarmento, Agostinho, Ramon de Lima Saro, Oligargo Barreto Hornai Pereira/Fidel Dos Santos, Paulo Helber Rosa Ribeiro, Jose Carlo Da Fonseca, Nicolao Higinio Bapista Soares, Hendrique Cruz, Diogo Santos Rangel dan Jose Martins Do Rego/Frangcyatma Alves Ima Kefi/KK.

Jepang : M. Kushibiki (pg), Inukai/KK, Naomichi Ueda, Ken Matsubara, Watari, Hirota/Kawaguchi Naoki, Hoshimoto/Takuya Iwanami, Arano, Matsumoto, Ryuga Suzuki dan Kinoshita/Kubo.