Kurangi Ketergantungan Beras UKM Di Banten Garap Pisang

id kurangi ketergantungan, beras ukm, di banten, garap pisang

Kurangi Ketergantungan Beras UKM Di Banten Garap Pisang

Lebak, Banten, (antarariau) - Usaha kecil dan menengah Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, mengembangkan diversifikasi produk pisang guna mengurangi ketergantungan konsumsi beras.

"Kami mengembangkan diversifikasi produk pisang itu bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada," kata Agus Suharyadi, pendamping UKM Cibeber saat ditemui pada pameran Pasar Rakyat di Rangkasbitung, Senin.

Ia mengatakan aneka makanan diversifikasi olahan produk pisang antara lain abon bonggol pisang, semprong pisang, stik tepung pisang, keripik bonggol pisang dan dodol dari kulit pisang.

Produk makanan pisang dari sentra usaha kecil dan menengah (UKM) Cibeber dapat mendorong perekonomian masyarakat pascatambang Cikotok.

Saat ini, permintaan produk makanan olahan pisang cukup tinggi, karena rasanya beraroma, enak dan gurih.

Bahkan, permintaan pasar bukan hanya Kabupaten Lebak, melainkan antara lain Jakarta, Sukabumi, Bogor, Jawa Barat.

"Kami setiap hari memasok aneka makanan olahan pisang ke luar daerah," katanya.

Ia juga mengatakan, saat ini pengunjung pameran Pasar Rakyat yang diselenggarakan di Rangkasbitung selalu memadati gerai UKM Cibeber.

Pengunjung yang membeli ke sini mereka kebanyakan untuk makanan oleh-oleh.

Produk pisang memiliki karbohidrat, nutrisi, mineral dan kandungan seratnya dapat memenuhi persyaratan sebagai komoditi pangan.

Karena itu, kata dia, aneka makanan olahan ini bisa dijadikan makanan alternatif, selain konsumsi beras.

"Kami terus mengembangkan makanan olahan pisang karena secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan," katanya.

Sementara itu, Imam Baskoro seorang mahasiswa UGM mengatakan bahwa kegiatan ChAIN Center itu untuk mendorong pembangunan desa-desa dampingan melalui pengembangan sistem produk nirlimbah dalam kompleks industri kecil menuju kemandirian energi, pangan dan ekonomi.

"Kami memberdayakan masyarakat Cibeber pastambang Cikotok agar mereka mampu mengembangkan ekonomi berbasis sumber daya lokal dengan memanfaatkan bahan baku pisang," katanya.