Windy Cantika lolos ke Olimpiade usai sabet perunggu di Kejuaraan Asia

id Windy Cantika,angkat besi,Kejuaraan Asia Angkat Besi 2021,Olimpiade Tokyo

Windy Cantika lolos ke Olimpiade usai sabet perunggu di Kejuaraan Asia

Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah berlatih saat menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Angkat Besi di Mess Kwini, Jakarta, Selasa (28/1/2020). (ANTARA/Aditya Pradana Putra)

Jakarta (ANTARA) - Lifter nasional Windy Cantika Aisah dipastikan mengamankan tiket Olimpiade Tokyo setelah merebut medali perunggu pada Kejuaraan Asia Angkat Besi 2021 yang digelar di Tashkent, Uzbekistan, Sabtu waktu setempat.

Windy yang tampil pada kelas 49 kg kejuaraan yang merupakan babak kualifikasi Olimpiade itu menempati peringkat ketiga untuk kategori snatch dengan 87 kg. Sedangkan untuk kategori clean and jerk, ia berada di posisi keempat dengan total angkatan 102 kg.

Demikian juga dengan total angkatan, Windy berada di posisi keempat dengan 189 kg.

Medali emas dan perak untuk tiga kategori angkatan tersebut masing-masing diraih oleh lifter China, yakni Hou Zhihui dan Jiang Huihua.

Menurut Manajer Tim Angkat Besi Indonesia Pura Darmawan, hasil yang diraih Windy sudah optimal, terlebih ini merupakan pertama kalinya ia tampil pada kejuaraan senior. Lifter berusia 18 tahun itu dapat membuktikan bahwa dia mampu bersaing dengan lifter lainnya yang usianya rata-rata berada di atasnya.

“Ini sudah optimal. Kejuaraan ini boleh dibilang mini Olimpiade, hanya lifter Amerika Serikat dan Rusia saja yang tidak hadir,” kata Pura saat dihubungi pewarta dari Jakarta, Minggu.

“Jadi, perjuangan Windy meraih perunggu sangat berat,” sambung dia.

Dengan hasil itu, posisi Windy Cantika kini diperkirakan akan naik dari posisi tujuh ke posisi lima rangkit federasi angkat besi dunia IWF, sehingga ia berada dalam posisi aman untuk tampil di Olimpiade Tokyo.

Namun, ada kemungkinanWindy akan tampil pada Kejuaraan Dunia Junior yang masih akan digelar di Tashkentpada akhir Mei nanti demi mendongrak poinnya sebelum ke Tokyo.

“Paling tidak, kami sudah punya gambaran apakah ia tetap ditampilkan pada Kejuaraan Dunia Junior di Tashkent pada akhir Mei atau tidak untuk lebih mengamankan tiket Olimpiadenya. Yang jelas, dengan hasil ini tiket untuk Olimpiade sudah aman,” kata Pura.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar