23 JCH asal Sungai Pakning di vaksinasi COVID-19

id pemkab bengkalis,JCH bengkalis,calon haji

23 JCH asal Sungai Pakning di vaksinasi COVID-19

Sebanyak 23 JCH asal Sungai Pakning melakukan vaksinasi COVID-19 di UPT Puskesmas Kecamatan Bukit Batu.(ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Sebanyak 23 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sungai Pakning melakukan vaksinasi COVID-19 selama empat hari di UPT Puskesmas Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Riau.

Kepala UPT Puskesmas Sungai Pakning dr. Dian Madanisti mengatakan bahwa vaksinasi JCH dibagi menjadi dua kelompok, yaitu pertama untuk Jemaah Lanjut Usia (Lansia) atau yang berumur di atas 60 tahun, dan kedua JCH berumur 60 tahun ke bawah.

"Selasa (16/3) lalu kita telah melakukan vaksinasi terhadap 11 orang Calon Jemaah Haji untuk Lansia, dan hari Kamis kemarin vaksinasi untuk usia di bawah 60 tahun. Adapun total JCH Kecamatan Bukit Batu berjumlah 23 orang yang divaksin." ungkap Dian, Jumat (19/3)

Dikatakan Dian, jenis vaksin COVID-19 untuk JCH Kecamatan Bukit Batu adalah vaksin vaccine dari biofarma.

"Vaksin vaccine dari biofarma, rencana JCH akan divaksin sebanyak dua kali. Untuk Calon Jemaah Lansia intervalnya selama 28 hari, sedangkan Calon Jemaah Haji yang di bawah 60 tahun, intervalnya selama dua minggu," tuturnya.

Menurut dr Dian yang pernah menyandang predikat tenaga kesehatan tauladan tingkat nasional tahun 2018 ini, vaksinasi dilakukan selain sebagai perlindungan, kegiatan ini sekaligus sebagai pembinaan kesehatan dalam menyiapkan kesehatannya sebelum berangkat ke tanah suci.

Dia menyampaikan dalam menyiapkan kesehatan jemaah haji yang akan berangkat tahun ini akibat penundaan tahun 2020 sebaiknya dilakukan screening kesehatan, sehingga kesehatan Jemaah haji itu sendiri selalu terpantau dengan baik.

Sementara itu Camat Bukit Batu Taufik Hidayat berharap calon jemaah haji harus selalu menjaga kesehatannya pada masa pandemi Covid-19 ini.

"Calon Jemaah Haji Bukit Batu kita imbau agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat walaupun sudah diberikan vaksinasi COVID-19 ini. Senantiasa terapkan protokol kesehatan di masa pandemikCOVID-19 dengan 3 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir), pola hidup sehat dan cara menjaga dan menyiapkan kesehatannya sebelum keberangkatan ke tanah suci," pesan Camat Taufik.

Baca juga: 445 JCH Riau berangkat ke Jeddah

Baca juga: Perwira Polda Riau bagikan botol air mineral kepada JCH di tanah suci