Maling Kotak Amal Dilepas Warga Rumbai Protes

id maling kotak, amal dilepas, warga rumbai protes

Maling Kotak Amal Dilepas Warga Rumbai Protes

Pekanbaru, (antarariau) - Belasan warga dan jemaah masjid mendatangi kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Jumat, karena polisi melepaskan seorang pencuri yang diduga bagian dari komplotan pencuri spesialis kotak infak masjid.

Warga tersebut merupakan jamaah Masjid Al Arafah di Jalan Sekolah, Kecamatan Rumbai Pesisir. Mereka memprotes tindakan polisi yang tidak meneruskan proses hukum terhadap seorang pencuri berinisial Ao, yang tertangkap tangan ketika ingin mencuri uang di dalam kotak infak masjid itu pada Senin lalu (4/6).

"Pencuri itu sudah tertangkap basah, tapi kenapa polisi malah melepaskannya," kata Adrian, seorang jamaah Masjid Al Arafah yang mendatangi kantor Polsek Rumbai Pesisir.

Menurut dia, warga setempat sudah lama mencurigai Ao yang selama ini menyatroni kotak infak di masjid-masjid di daerah itu. Bahkan, di masjid Al Arafah, ia mengatakan Ao kuat dugaan sudah melakukan mencuri kotak infak sebanyak empat kali dan aksinya yang terakhir berhasil ditangkap oleh penjaga masjid (garim).

"Dua kali dia sudah tertangkap oleh warga tapi dilepaskan karena dia minta ampun, tapi yang sekarang ini sudah diserahkan ke polisi tapi kenapa tidak diproses," kata Adrian mempertanyakan.

Ia menjelaskan, warga mengaku heran alasan polisi melepaskan tersangka karena tidak ada bukti dan tersangka masih dibawah umur. Padahal, warga mengetahui bahwa Ao sudah berumur 17 tahun.

Selain itu, warga juga mempertanyakan kenapa polisi tidak memintai keterangan warga setelah pencuri itu ditangkap.

Seorang warga lainnya, Munir, mengatakan warga sudah resah dengan aksi pencurian kotak infak masjid yang sering terjadi. Menurut dia, warga meminta kepastian hukum karena kuat dugaan pencuri itu tidak beraksi sendiri.

"Dia tidak mungkin beraksi sendirian, pencurian kotak infak masjid sudah meresahkan masyarakat," katanya.

Kapolres Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar ketika dikonfirmasi wartawan akan mengecek langsung ke Polsek Rumbai Pesisir terkait kasus tersebut. Ia mengaku belum mendapatkan laporan terkait kasus pencurian kotak infak masjid di daerah Rumbai Pesisir.

"Saya akan cek langsung," kata Adang.