Warga Rumbai Protes Jalan Bergelombang Agar Diperbaiki

id warga rumbai, protes jalan, bergelombang agar diperbaiki

Warga Rumbai Protes Jalan Bergelombang Agar Diperbaiki



Pekanbaru, 5/9 (antarariau.com) - Sejumlah warga Kecamatan Rumbai Pesisir dan Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, memprotes pihak terkait mengenai Jalan Yos Sudarso yang bergelombang agar diperbaiki karena sudah banyak korban yang cedera.

"Berbagai cara sudah dilakukan, apa perlu dengan memblokir lalu ada upaya perbaikan Jalan Yos Sudarso," kata Yasir Alam (49) warga Jalan Kayangan, Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir, di Pekanbaru, Kamis.

Pernyataan tersebut terkait Senin (2/9) sejumlah mahasiswa menggalang aksi dukungan tanda tangan dengan membentangkan kain putih dengan ukuran sepanjang 20 meter supaya aparat terkait lain untuk memperbaiki Jalan Yos Sudarso.

Jalan Yos Sudarso seakan dibiarkan bergelombang, sudah banyak pengendara sepeda motor yang celaka ketika melintasi kawasan tersebut terutama pada malam hari.

Kawasan tersebut gelap malam hari dan permukaan jalan tidak rata. Bila pengemudi tidak hati-hati, maka tiba-tiba ada turunan dan licin menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Upaya perbaikan jalan yang menghubungkan Kabupaten Siak dengan Kota Pekanbaru itu pernah dikerjakan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012, tapi kondisinya saat ini memprihatinkan.

Bahkan ruas utama bagi pengendara bila hendak ke Kota Dumai atau ke Medan, Sumut, atau sebaliknya itu sangat berbahaya karena permukaannya tidak rata.

Menurut dia, pada musim hujan, warga terpaksa harus memperlambat kecepatan bila tidak akan masuk lubang dan kendaraan dapat terperosok.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di lokasi terpisah mengatakan perbaikan Jalan Yos Sudarso bukan wewenangnya melainkan aparat Pemprov Riau.

Menurut dia bahwa status jalan tersebut adalah kewenangan provinsi maka pihak yang dianggap berhak untuk melakukan perbaikan.