Pemilik Anjing Diminta Waspadai Rabies

id pemilik anjing, diminta waspadai rabies

Pemilik Anjing Diminta Waspadai Rabies

Pekanbaru, (antarariau) - Sejumlah warga yang bermukim di Kota Pekanbaru, Riau, mengharapkan bagi pemelihara anjing jangan dibiarkan bebas tapi dijaga ketat terkait sebanyak enam penduduk setempat terkena penyakit rabies.

"Saat ini memang banyak anjing yang dibiarkan berkeliaran oleh pemiliknya, maka harus dijaga dan bila dapat dikurung pada suatu tempat," kata Kumpata Janis (38) warga Kelurahan Palas, Kecamatan Rumbai, ditemui di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan, pemilik anjing sebaiknya menjaga hewan peliharaan tersebut dan jangan melepaskan begitu saja sehingga menggigit warga.

Pendapat serupa juga diutarakan Basiran (47) warga Kelurahan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir dan Pankanus Silitonga (39) penduduk Limbungan Baru ketika diminta komentarnya.

Pankanus mengatakan, kalau pemilik hewan tidak bisa memelihara dengan baik maka selayaknya diberikan kepada orang lain agar tidak menimbulkan kerugian berupa serangan penyakit terhadap warga yang tidak memiliki binatang peliharaan itu.

Pernyataan itu sehubungan Kepala Dinas Peternakan Pemerintah Kota Pekanbaru, Sentot D. Prayitno mengatakan saat ini terdapat sebanyak enam penduduk di wilayah ini positif terkena virus rabies akibat digigit anjing.

Sedangkan enam penderita rabies itu berasal dari Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Pesisir dan mereka saat ini dalam perawatan medis pada Puskesmas setempat.

Dalam laporan warga, sejak Januari 2012 hingga Akhir April 2012 bahwa terdapat sebanyak 17 kasus warga yang digigit anjing, namun hasil pemeriksaan maka hanya enam yang positif rabies.

Pihak Dinas Peternakan Pemkot Pekanbaru berupaya untuk memusnahkan anjing yang berkeliaran bebas tersebut agar tidak menggigit manusia karena dapat menularkan virus yang dapat mematikan itu.

Sentot mengatakan, pihaknya berupaya untuk memberikan vaksinasi terhadap hewan peliharaan pada tiap kelurahan terutama bagi lokasi rawan rabies di wilayah ini seperti di Kecamatan Rumbai Pesisir dan Kecamatan Rumbai.

Bahkan petugas sudah melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai terhadap sebanyak 480 hewan tersebut.

Namun vaksinasi tersebut dilakukan secara bertahap diharapkan peran serta masyarakat sebagai pemilik hewan untuk pemeriksaan kesehatan bagi binatang peliharaan mereka.