Sevilla bantai Barcelona di leg pertama semifinal Copa del Rey

id copa del rey,sevilla,barcelona,ivan rakitic,jules kounde,piala raja

Sevilla bantai Barcelona di leg pertama semifinal Copa del Rey

Bek Sevilla Jules Kounde (kanan) melakukan selebrasi bersama Ivan Rakitic seusai mencetak gol ke gawang Barcelona dalam leg pertama babak semifinal Copa del Rey di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, Rabu (10/2/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Marcelo del Pozo)

Jakarta (ANTARA) - Sevilla memenangi leg pertama semifinal Copa del Rey melawan Barcelona dengan skor relatif meyakinkan 2-0 dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Gol Jules Kounde dan Ivan Rakitic dibarengi penampilan gemilang lini pertahanan Sevilla menjadi kunci kemenangan tim besutan Julen Lopetegui tersebut, demikian catatan laman resmi RFEF.

Barcelona sebetulnya punya peluang bagus untuk unggul lebih dulu pada menit ke-13, ketika Antoine Griezmann mengirim umpan lambung yang disambut tembakan sentuhan pertama Lionel Messi, tetapi kiper Bono melakukan penyelamatan gemilang dengan kaki kirinya.

Pada menit ke-25, Sevilla mampu merebut keunggulan saat Kounde memamerkan aksi individual gemilang melewati hadangan Samuel Umtiti sebelum melepaskan tembakan keras yang bisa dijangkau kiper Marc-Andre ter Stegen tetapi lajunya tak terhenti ke dalam gawang.

Barcelona berusaha mendominasi permainan tetapi gagal menciptakan peluang berarti, bahkan di pengujung babak pertama Ter Stegen dipaksa melakukan penyelamatan untuk menepis peluang Sergio Escudero ke atas mistar gawang.

Teringgal satu gol, Barca berusaha bangkit di awal babak kedua tetapi Kounde mampu menghentikan pergerakan berbahaya Frenkie de Jong dan Bono kembali mementahkan tembakan Messi.

Pada menit ke-73, para pemain Barcelona menuntut hadiah tendangan penalti ketika Jordi Alba jatuh di dalam area terlarang, tetapi wasit memutuskan hanya memberi tendangan bebas karena pelanggaran Suso diawali dari luar kotak penalti.

Alih-alih mencetak gol balasan, gawang Barcelona malah dijebol oleh pemain buangan mereka, Rakitic, yang lolos dari jebakan offside untuk mengejar umpan terobosan Oliver Torres dan menaklukkan Ter Stegen dalam situasi satu lawan satu demi menggandakan keunggulan Sevilla pada menit ke-85.

Di pengujung laga, Bono kembali melakukan satu penyelamatan untuk menepis eksekusi tendangan bebas khas Messi demi mengunci kemenangan penting 2-0 bagi Sevilla di leg pertama.

Kemenangan itu jadi modal penting bagi Sevilla jelang bertandang ke markas Barcelona untuk leg kedua pada 3 Maret.