Warga Tionghoa tetesakan air mata saat terima bantuan sembako

id pwi,Pwi bengkalis

Warga Tionghoa tetesakan air mata saat terima bantuan sembako

Penasehat PWI Bengkalis Sukardi menyerahkan bantuan sembako kepada etnis Tionghoa Bengkalis.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Nurhayati, warga Jalan Karimun I, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, tak kuasa menahan haru dan menitikkan air mata ketika menerima paket sembako yang diserahkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkalis, Senin (8/2)

Perempuan berusia 68 tahun tanpa suami dan anak ini adalah salah satu penerima bantuan Warga Tionghoa Bengkalis Peduli COVID-19 Berbagi Kasih Sempena Imlek 2021 yang digagas warga Tionghoa Bengkalis.

“Terimakasih banyak. Mudah-mudahan semuanya murah rezekinya. Saya di sini tinggal sendiri, suami sudah meninggal dunia, anak juga tidak ada lagi. Tadi saya menunggu di rumah anak kemenakan saya di rumah tak jauh dari rumah ini,” ujar Nurhayatimenitikkan air mata.

Tak hanya Nurhayati, hampir ratusan warga kurang mampu di Kecamatan Bengkalis mendapatkan bantuan tersebut. Meski tak sebanyak tahun lalu, akan tetapi, penerimanya benar-benar warga yang layak dibantu. Ini merupakan baksos kedua kalinya, yang sebelumnya dilaksanakan tahun 2020 lalu.

Baksos berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Aksi kepedulian ini diberi nama Berbagi Kasih di tengah Pandemi ini dilaksanakan khusus di wilayah Kecamatan Bengkalis. Warga penerima merupakan warga kurang mampu dan semua dirangkum melalui data organisasi pers di wilayah Kecamatan Bengkalis.

Satu per satu warga penerima didatangi secara door to door oleh organisasi pers dan kepanitiaan warga Tionghoa Peduli yang tak lama lagi warga Tionghoa akan merayakan Imlek 2572 tahun 2021.

Satu paket bantuan berupa 10 kg beras dan satu dus mi instan. Di tengah pandemi ini, warga Tionghoa Bengkalis memilih untuk merayakan Imlek secara sederhana dan tidak berlebihan serta mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Humas kegiatan Bakti Sosial Suryanto mengatakan, untuk tahun ini dalam merayakan Imlek, warga Tionghoa di Bengkalis tidak membuat acara seperti biasa. Cukup melalui baksos yang terlaksana berkerjasama dengan organisasi pers di Bengkalis.

Ia mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada wadah atau organisasi pers yang sudah berkenan membantu, mulai dari mendata hingga turut serta menyerahkan bantuan secara langsung.

“Terimakasih saya sampaikan kepada rekan-rekan pers dan wadah organisasi yang turut bertungkus lumus dalam kegiatan Baksos ini. Sehubungan dengan pendemi COVID-19 yang masih memprihatinkan sampai hari ini, tentunya masih terdapat saudara-saudara kita yang terdampakpandemikhususnya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Oleh karena itu, melalui Imlek berbagi kasih ini kita berniat dan ingin berbagi dalam kesulitan,”ungkap Suryanto didampingi Tim Panitia, Hendri Ikcen.

Dikatakannya, rasa kebersamaan organisasi pers dan warga Tionghoa dalam mendistribusikan bantuan sangat luar biasa. Sebab, inilah sebuah kebersamaan untuk peduli dan rasa kemanusiaan melalui gotong royong serta saling bekerjasama.

Baca juga: PWI bangun hutan komunitas di Riau

Sementara itu, Ketua PWI Bengkalis diwakili Wakil Ketua PWI Kabupaten Bengkalis Sri Mawarti Syarif, yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih atas kepedulian warga Tionghoa Bengkalis dalam baksos yang telah terselenggara.

“Melalui kegiatan positif ini, tentunya sebagai wadah organisasi Pers terbesar di Bengkalis. Keluarga besar PWI juga menyampaikan terimakasih kepada warga Tionghoa yang telah peduli. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 saat ini,"ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, jika penerima-penerima bantuan yang telah didata oleh PWI tersebut merupakan warga yang berhak untuk menerima. Kendati, semua itu tidak terlepas dari segala kekurangan-kekurangan, karena belum bisa mengakomodir semua warga di kecamatan lainnya.

“Tadi di Kelapapati Darat, seorang ibu dengan kondisi ekonomi yang serba kekurangan, rumah berdinding papan, menitikkan air mata saat menerima bantuan itu. Luar biasa sambutannya. Semoga kegiatan ini bermanfaat,” ujarnya singkat.