Berkunjung ke Negeri Istana, Pangdam I/BB: Belum ke Siak, belum ke Riau

id Pandam bukit barisan, pangdam ke siak, siak, bupati siak

Berkunjung ke Negeri Istana, Pangdam I/BB: Belum ke Siak, belum ke Riau

Bupati Siak Alfedri memberikan cinderamata kepada Pangdam I BB. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan Mayjen TNI Hasanuddin melakukan kunjungan ke Kabupaten Siak yang disambut langsung oleh Bupati Alfedri di rumah dinas dan dijamu di Balairung Datuk Empat Suku, Rabu.

"Pertama saya datang ke Riau, istri saya menyampaikan kita harus ke Siak, kalau belum ke Siak belum ke Riau," kata Mayjen TNI Hasanuddin usai santap siang bersama Bupati didampingi juga oleh Komandan Resor Militer 031/Wirabima BrigjenTNI Syech Ismet.

Dalam kesempatan itu dia mengajak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Dia beserta istri mengaku juga sudah divaksin buka karena prioritas tapi mencontohkan kepada masyarakat bahwa itu aman dan halal.

Usai pertemuan di Balairung itu, Panglima juga menyempatkan diri berkunjung ke Istana Asseriyah Al Hasyimiah atau yang dikenal dengan Istana Siak. Dia juga menyempatkan diri berziarah ke Makam Pahlawan Nasional dan sultan terakhir Kesultanan Siak, Sultan Syarif Kasim II.

Setelah itu dia bersama rombongan juga meninjau pembangunan markas komando distrik militer Siak. Saat ini Siak masih masuk wilayah Kodim 0303/Bengkalis yang membawahi tiga wilayah termasuk Siak dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Bupati Siak, Alfedri dalam sambutannya menyampaikan Makodim untuk Siak sudah dibangun sejak 2020 lalu. Dia mengharapkan agar bisa menjadi kodim definitif dan bisa diresmikan dalam waktu dekat.

"Saat ini Komandan Kodim 0303 Bengkalis koordinasinya tiga kabupaten, dengan kami satu kali sebulan Pak Dandim datang untuk rapat koordinasi pimpinan daerah. Mudah-mudahan dengan adanya Kodim di Siak bisa koordinasi dengan baik," ungkapnya.

Selain itu dia melaporkan kondisi COVID-19 di Kabupaten Siak yang sudah terkendali. Begitu juga dengan kebakaran hutan dan lahan yang pada tahun 2020 berkurang drastis.

Baca juga: Pangdam I/Bukit Barisan dijadwalakan ke Bengkalis, ada apa?

Baca juga: Sekda Bengkalis pimpin ratas persiapan kunker Pangdam dan HPN