Kabupaten meranti siapkan sagu PON

id kabupaten meranti, siapkan sagu pon

Pekanbaru - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berjanji akan menyiapkan aneka makanan dari sagu, yang menjadi komoditas andalan daerah, untuk makanan pembuka pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Provinsi Riau 2012.

"Kami akan mempersiapkan sagu sebagai hidangan pada pembukaan PON Riau," kata Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Masrul Kamsy, di Pekanbaru, Senin.

Menurut Masrul, PON merupakan ajang promosi potensi daerah selain sebagai penyelenggaraan olahraga.

Ia mengaku menyayangkan Kabupaten Kepulauan Meranti belum siap sehingga tidak ditunjuk sebagai salah satu daerah penyelenggara cabang olahraga PON XVIII.

"Kami tidak ditunjuk sebagai daerah penyelenggara, jadi makanan sagu dari Meranti kalau bisa diakomodir panitia penyelenggara," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Provinsi Riau, sagu merupakan komoditas andalan Kepulauan Meranti yang selama ini sudah diekspor ke mancanegara.

Setiap tahun ada sekitar 32.000 ton sagu dari Meranti yang telah diekspor ke beberapa negara, dari total produksi daerah itu yang menapai 250.000 ton per tahun.

"Sudah banyak makanan dari sagu Meranti yang memiliki nilai jual, seperti untuk mie dan cendol sagu," ujarnya.

PON XVIII di Riau akan diselenggarakan mulai tanggal 9 hingga 20 September 2012.

Ada 10 daerah di Riau yang menjadi tuan rumah penyelenggara cabang olahraga, yakni Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Rokan Hulu.

Apabila makanan dari sagu bisa menjadi kudapan pembuka PON XVIII, sedikitnya komoditas andalan Meranti itu diharapkan bisa dipromosikan ke sebanyak 10.455 atlet, pelatih dan ofisial yang bakal terlibat dalam even olahraga empat tahunan itu.