Pembangunan dua puskesmas terbengkalai, Alfedri akan lanjutkan pakai APBD Siak

id Bupati siak, pilkada siak, alfedri

Pembangunan dua puskesmas terbengkalai, Alfedri akan lanjutkan pakai APBD Siak

Alfedri ketika melakukan kampanye dialogis.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Calon Bupati Siak Alfedri menyampaikan pembangunan dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Kandis dan Sabak Auh yang terbengkalai akan dilanjutkan dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Siak.

"Daripada dibiarkan terbengkalai terus, kita bisa saja membangun karena asetnyasudah diserahkan ke Pemkab Siak. Ini sedang dibahas di DPRD Siak," kata Cabup Petahana yang berpasangan dengan Husni Merza ini di Kandis, Sabtu.

Pembangunan dua Puskesmas dua lantai tersebut terbengkalai ketika dibangun oleh Pemprov Riau tahun 2016. Tahun-tahun berikutnya pembangunan terbengkalai dengan bangunan yang sudah selesai lebih dari 50 persen.

Dua tahun terakhir, lanjut Alfedri tak juga ada pembangunan karena tidak adanya bantuan keuangan infrastruktur dari Pemprov Riau. Maka dari itu, kata dia jika tak ada juga bankeu tersebut, pembangunan keduanya akan dilanjutkan menggunakan APBD Siak.

"Mudah-mudahan diselesaikan juga Puskesmas di Kandis dan Sabak Auh, tapi ini masih dibahas di DPRD.Jika tidak ada dari provinsi kita yang mengupayakan melanjutkan pembangunannya. Termasuk juga Puskesmas yang di Sabak Auh," ungkapnya.

Selain itu, di Kandis pihaknya juga akan membangun satu lagi puskesmas yang berlokasi di Kampung Belutu. Pasalnya lokasinya jauh dari Puskesmas Kandis saat ini.

Tak hanya itu, Alfedri juga menyampaikanpembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D Kandis. Pada rumah sakit tersebut bakal ada pelayanan dari dokter spesialis kandungan, anak dan penyakit dalam.

"Pembangunan rumah sakit ini bagian dari RPJMD Siak 2016-2021. Perencanaan teknis sudah, tinggal pelaksanaan tahun depan. Ini pembangunannya dari APBD kabupaten Siak. Tujuannya agar masyarakat kandis tidak terlalu pergi berobat atau tidak terlalu jauh dirujuk ke Pekanbaru atau Siak. Cukup di Kandis saja," sebut dia.