PBB Ingin banyak perempuan pemimpin-internasional

id pbb ingin, banyak perempuan pemimpin-internasional

PBB Ingin banyak perempuan pemimpin-internasional

Jenewa - Kepala Hak Asasi Manusia PBB Navi Pillay, Kamis, menyeru perempuan untuk memainkan peran lebih besar dalam kepemimpinan global, dan memperingatkan bahwa kegagalan untuk memanfaatkan potensi besar mereka dapat "membahayakan diri sendiri".

"Saya menyeru pemerintah, tokoh masyarakat dan kepala keluarga di seluruh dunia untuk mengenali, mengakui dan memanfaatkan potensi yang besar dari perempuan agar memberikan dampak positif bagi dunia di sekitar mereka," kata Pillay dalam pernyataan yang menandai Hari Perempuan Internasional.

Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Pillay menyebut angka statistik PBB menunjukkan bahwa pada tahun lalu, perempuan hanya menduduki 19,3 persen kursi di majelis tunggal atau rendah parlemen di seluruh dunia.

Dia mencatat bahwa hanya 12 dari perusahaan Fortune 500 memiliki perempuan di posisi atas.

Pada saat yang sama, katanya perempuan di daerah pedesaan menghasilkan 60 sampai 80 persen makanan di negara berkembang, sementara jarang memiliki hak atas tanah yang mereka olah.

Pillay mengutip data Organisasi Pangan dan Pertanian PBB yang menunjukkan bahwa untuk setiap 100 pemilik lahan secara global, hanya 20 diantaranya adalah perempuan.

"Dengan terlalu sedikitnya perempuan pemimpin dalam politik, dan sangat tidak cukupnya jumlah perempuan pemimpin di bidang industri, perempuan tidak cukup memainkan peran dalam diskusi menentukan

tentang bagaimana merespon krisis global, "kata Pillay.

"Pengecualian seperti itu membahayakan kita sendiri - penolakan untuk merangkul kesetaraan jenis kelamin telah menyebabkan banyak bencana serius, salah satunya adalah contoh tragis penyebaran HIV/AIDS," katanya memperingatkan.