Kesepakatan Sudan-Israel adalah "tusukan baru dari belakang" bagi Palestina

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Kesepakatan Sudan-Israel adalah "tusukan baru dari belakang" bagi Palestina

Menlu Bahrain Abdullatif Al Zayani, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Abdullan bin Zayed menunjukkan dokumen kesepakatan ketiga negara, dengan disaksikan Presiden AS Donald Trump, saat upacara penandatanganan perjanjian normalisasi hubungan antara Israel dan sejumlah negara tetangga Timur Tengah, dalam penyelarasan strategis negara-negara Timur Tengah untuk melawan Iran. Penandatanganan berlangsung di Halaman Selatan Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Selasa (15/9/2020). (ANTARA/REUTERS/Tom Brenner/AWW/djo)

Jakarta (ANTARA) - Pejabat senior Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) menggambarkan keputusan Sudan untuk menormalisasi hubungan dengan Israel sebagai "tusukan baru dari belakang" bagi rakyat Palestina.

"Sudan bergabung dengan negara-negara lain, yang menjalin hubungan dengan Israel, adalah tusukan baru dari belakang bagi rakyat Palestina sekaligus pengkhianatan terhadap perjuangan Palestina," kata anggota PLO, Wasel Abu Youssef.

Ketika berbicara di Ramallah di pendudukan Tepi Barat, Abu Youssef --anggota Komite Eksekutif PLO-- menegaskan bahwa keputusan negara Afrika itu untuk menyusul negara Teluk Arab, yakni Uni Emirat Arab dan Bahrain, tidak akan menggoyahkan kesetiaan rakyat Palestina dalam melanjutkan perjuangan mereka.

Di Gaza, juru bicara kelompok Hamas sekaligus sekutu Sudan, Fawzi Barhoum, mengatakan kepada Reuters bahwa Sudan melangkah ke arah yang salah.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari