Bahas sejumlah isu pembangunan, Bappeda Dumai kunjungi Pemkab Bengkalis

id Pemkab Bengkalis,kota dumai, dumai, bengkalis

Bahas sejumlah isu pembangunan, Bappeda Dumai kunjungi Pemkab Bengkalis

Bappeda kota Dumai melakukan kunjungan ke Bappeda Bengkalis dalam rangka membahas isu pembangunan antar dua daerah tersebut. (ANTARA/HO-Pemkab Bengkalis)

Bengkalis (ANTARA) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Dumai melakukan kunjungan ke Bappeda Kabupaten Bengkalis dalam rangka koordinasi dan diskusi terkait isu pembangunan daerah dengan Kabupaten Bengkalis melalui Fokus Grup Diskusi (FGD), Rabu (22/7).

Rombongan dari Bappeda Kota Dumai ini dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Kota Dumai, Muhammad Syafie dan didampingi oleh jajaran pejabat administrator maupun pengawas diterima langsung oleh Kepala Bappeda Bengkalis diwakili Sekretaris Bappeda Bengkalis Rinto.

Muhammad Syafie mengawali pembicaraannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kedatangan mereka adalah untuk berkoordinasi dan berdiskusi terkait isu-isu pembangunan Kota Dumai dengan Kabupaten Bengkalis.

"Isu-isu yang dibahas nantinya berkaitan dengan penyusunan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Dumai Tahun 2021 – 2026," ujarnya

Dijelaskannya, isu lainnya tentang Kota Dumai dan Perspektif Nasional dan Regional kemudian tentang isu pembangunan Kota Dumai dengan daerah perbatasan, khusus dalam hal ini adalah dengan Kabupaten Bengkalis.

Isu pembangunan dengan Kabupaten Bengkalis ini dikelompokkan ke dalam tiga kluster yaitu isu bidang infrastruktur, bidang sosial dan budaya, dan terakhir bidang ekonomi.

Terkait bidang infrastruktur, Muhammad Syafie menjelaskan diantaranya adalah perbedaan konfigurasi pola ruang Dumai dengan Bengkalis di daerah perbatasan, peningkatan dan pemeliharaan jaringan jalan Dumai – Sepahat, penguatan kerjasama SPAM regional Durolis, konektivitas antar pulau (roro), penetapan batas wilayah, pencemaran lingkungan dan pengembangan pemukiman.

Kemudian di bidang sosial budaya, Muhammas Syafie mengatakan isu-isu pembangunan yang akan didiskusikan adalah pengembangan kepariwisataan dan olahraga daerah, pengembangan nilai kebudayaan daerah, dan pelayanan RSUD Dumai sebagai RSU regional terhadap pasien Bengkalis yang menggunakan BPJS.

Terakhir di bidang ekonomi, Muhammad Syafie menjelaskan keberadaan pelabuhan, bandara dan jalan tol Dumai – Pekanbaru dan roro menjadi peluang untuk mengembangkan ekonomi baru terutama pelaku UMKM dan usaha perdagangan lainnya serta peningkatan pariwisata Dumai – Rupat.

Kemudian usaha perikanan laut pulau Rupat sebagai penyangga ketahanan pangan Kota Dumai, keberadaan Politeknik Perikanan milik KKP dan terakhir keberadaan PPI Kota Dumai yang menjadi sarana prasarana pelabuhan perikanan menjadi pusat pengembangan perikanan tangkap di wilayah pesisir Provinsi Riau.

Menanggapi isu-isu sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bappeda Kota Dumai tersebut, Sekretaris Bappeda Bengkalis Rinto memberikan respon yang positif dan perlu diskusikan lebih jauh.

"Diskusi berlangsung cukup hangat namun santai dengan melibatkan para pimpinan perangkat daerah maupun yang mewakili. Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara FGD penyusunan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Dumai Tahun 2021 – 2026," kata Rinto.

Baca juga: Bawaslu Bengkalis sosialisasi Coklit pemutakhiran

Baca juga: 11 pos pemeriksaan COViD-19 kembali diaktifkan di Kabupaten Bengkalis