Manfaat beras merah, bantu turunkan berat badan hingga cegah penyakit kronis

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, beras merah

Manfaat beras merah, bantu turunkan berat badan hingga cegah penyakit kronis

Ilustrasi beras merah (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Beras merah selama ini dikenal karena memiliki nilai gizi yang tinggi dan banyak manfaat kesehatan dibandingkan dengan beras putih.

Bahkan banyak yang percaya bahwa beras jenis itu berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Beras merah adalah gandum utuh yang tidak dimurnikan dan tidak dihilangkan lapisan kulitnya. Lapisan itu yang membuatnya penuh dengan nutrisi sehingga berfungsi untuk menurunkan berat badan, mengontrol diabetes hingga menjaga kesehatan tulang, berikut adalah uraiannya dilansir Boldsky, Kamis.

1. Membantu menurunkan berat badan

Beras merah mengandung serat yang baik. Konsumsi serat makanan membantu menjaga perut kenyang untuk waktu yang lama dan mencegah keinginan untuk mengemil. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang makan lebih banyak biji-bijian memiliki berat yang lebih kecil dibandingkan dengan yang sedikit.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Beras merah mengandung serat dan senyawa tanaman yang disebut lignan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi biji-bijian utuh seperti beras merah meningkatkan fungsi kardiovaskular dan metabolisme. Penelitian lain menunjukkan bahwa makan biji-bijian dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengontrol diabetes

Beras merah adalah makanan indeks glikemik rendah (GI), yang dapat membantu mencegah risiko diabetes tipe 2. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat atau lambat makanan diserap dan seberapa banyak mereka meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan GI tinggi cepat dicerna dan diserap, menyebabkan kenaikan gula darah dan makanan GI rendah, diserap perlahan dan tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Sebuah studi membandingkan efek penurun glukosa darah dari beras merah dan beras yang sudah digiling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa beras merah memiliki jumlah tinggi serat makanan, asam fitat, polifenol dan minyak yang membuatnya bermanfaat bagi pasien diabetes daripada beras giling.

Baca juga: Kok bisa ya... Beras merah diolah menjadi minuman

Baca juga: Beras Merah Ternyata Bisa Diolah Jadi Minuman


Pewarta: Maria Cicilia