SKK Migas - PT CPI bor sumur 118 meter penuhi air bersih warga Minas Timur

id Air bersih,PT CPI, chevron, SKK migas

SKK Migas - PT CPI bor sumur 118 meter penuhi air bersih warga Minas Timur

SKK Migas – PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) bor sumur sedalam 118 meter guna penuhi air  bersih bagi  sekitar 200 an  warga  Minas Timur, Selasa (23/6). (Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - SKK Migas - PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) bor sumur sedalam 118 meter guna penuhi air bersih bagi sekitar 200 an warga Minas Timur, Kabupaten Siak.

"Keberadaan fasilitas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terhadap akses air bersih sehingga turut mendukung kesehatan masyarakat. Kami meminta agar fasilitas ini dirawat agar bermanfaat dalam jangka panjang," kata GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin di Pekanbaru, Selasa.

Kata dia, ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan di tengah pandemi COVID-19 saat ini, dimana kebiasaan mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri merupakan prioritas penting. PT CPI berencana membuat empat sumur lagi untuk membantu masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

Acara peresmian dan serah terima bantuan untuk warga Dusun Lukut, Kampung Minas Timur, dihadiri langsung oleh Bupati Siak Alfedri dan Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr. Mubarak, M.Si.

Sementara itu Bupati Siak Alfedri juga mengucapkan terimakasih atas bantuan SKK Migas - PT CPI.

"Bukan hanya untuk program air bersih ini saja, namun juga untuk program lainnya seperti bank sampah, bantuan pakaian dan tas untuk anak-anak suku Sakai, penanggulangan COVID-19, dan banyak program lainnya yang sangat berguna bagi masyarakat Kabupaten Siak," kata Bupati.

Baca juga: Pentingnya air bersih saat pandemi, Teknologi GWFS ciptakan sumur sedalam 120 meter

Perlu diketahui topografi Kampung Minas Timur berupa perbukitan menyulitkan masyarakat untuk mencari sumber air. SKK Migas – PT CPI menggandeng LPPM Umri sebagai mitra pelaksana program.

Dalam mencari titik sumur, LPPM Umri menggunakan teknologi terkini yakni Geogreen Water Finder System (GWFS). GWFS merupakan pengembangan dari metode geolistrik sehingga menghasilkan tingkat akurasi yang lebih baik dalam menentukan karakter di bawah permukaan tanah.

Sumber air bersih ditemukan di kedalaman 118 meter. Tangki penampung yang dibangun berkapasitas sekitar 30 ribu liter. Masyarakat nantinya akan membentuk sebuah kelompok untuk mengatur pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas tersebut secara kolektif. UMRI juga akan memberikan pelatihan kepada para anggota kelompok tersebut untuk membangun kapasitas mereka dalam pengelolaan fasilitas.

"Keberadaan sumur air bersih ini sangat berarti bagi masyarakat Minas, terlebih saat musim kemarau," kata Khairul, salah seorang tokoh masyarakat.

Baca juga: Melihat kontribusi SKK Migas-PT CPI tangani COVID-19 di Riau