Menpera Janjikan Bantu 5.000 Rumah Untuk Jambi

id menpera janjikan, bantu 5000, rumah untuk jambi

Jambi, (ANTARAriau News) - Kementerian Perumahan Rakyat menjanjikan bantuan sebanyak 5.000 unit rumah untuk Provinsi Jambi hingga 2014.

Ini disampaikan Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus dari hasil pertemuannya dengan Menpera, Suharso Monoarfa, di Jakarta. Bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan dari Menpera terhadap Program Bedah Rumah Satu Miliar Satu Kecamatan yang digagas Gubernur Jambi.

"Saya menghadap Menpera berkaitan dengan program Bedrum Samisake. Ternyata beliau mendukung program itu dan berjanji akan membantu kita sebanyak 5.000 rumah," kata Gubernur kepada sejumlah wartawan di ruangan VIP, Bandara Sultan Thaha Jambi, Kamis (15/9) kemarin.

Hanya saja, menurutnya, bantuan tersebut tidak dilaksanakan dalam satu tahun, tetapi di digelontorkan secara bertahap oleh Kemenpera. Bantuan tersebut akan dimulai sejak tahun ini dan berakhir di tahun 2014.

"Tahun ini akan dibantu sebanyak 1.250 rumah dulu, lalu menyusul di tahun berikutnya," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, terdapat pula program rumah murah. Program rumah murah ini akan dibantu pula oleh Kementerian Perumahan Rakyat.

Mengenai biaya pembuatan rumah, fasiltas umum berupa listrik dan air secara keseluruhan, menurutnya, ditanggung oleh Pemerintah Pusat. Pihak Pemerintah Daerah hanyalah diminta untuk menyediakan tanah.

"Kami sedang mengkaji. Tanah akan kita beritahukan kepada Menpera," katanya.

Gubenur Hasan Basri Agus menjelaskan, nantinya rumah-rumah ini selain diperuntukkan bagi masyarakat yang kurag mampu, juga untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Jambi, terutama PNS yang belum memiliki rumah. (**)