Diskes Pekanbaru semprotkan disinfektan di tiga lokasi layanan umum

id Covid-19,covid-a9 pekanbaru, corona pekanbaru

Diskes Pekanbaru semprotkan disinfektan di tiga lokasi layanan umum

Petugas kesehatan lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD) dari Diskes Pekanbaru melakukan penyemprotan desinfektan di gedung Mal Pelayanan Publik (MPP), guna membersihkan kuman COVID-19 di Pekanbaru, Senin (16/3). (ANTARA/Vera Lusiana)

 Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Senin pagi (16/3) mulai melakukan penyemprotan disinfektan ke tiga lokasi layanan umum yang banyak dikunjungi masyarakat, guna pencegahan penyebaran COVID-19.

"Tiga lokasi layanan umum yang kami semprot pertama adalah Mal Pelayanan Publik (MPP), Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), dan Mesjid Paripurna Arrahman di Pekanbaru," sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin di Pekanbaru, Senin.

Muhammad Amin mengatakan, penyemprotan ini dilakukan sesuai hasil kesepakatan rapat ketua satgas penanggulangan COVID-19 Pekanbaru. Tujuannya untuk membunuh kuman yang menempel di benda-benda yang terjangkau tangan, termasuk penyebaran COVID-19.

"Penyemprotan disinfektan ini adalah upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di Pekanbaru, walau kasusnya belum ada di sini," katanya.

Amin menyebutkan penyemprotan ini akan berkembang ke tempat pelayanan umum lainnya sesuai hasil rapat tim nantinya.

"Kita akan lakukan penyemprotan dua kali sehari, melihat tingkat mobilitas masyarakat yang datang ke tempat tersebut," katanya.

Sontak aksi semprot itu mengundang perhatian para pengunjung yang datang hari itu untuk mengurus beberapa perijinan. Terutama layanan Kependudukan dan Catatan Sipil (dukcapil) yang ramai didatangi warga.

"Kami sudah menyemprot ruangan Disdukcapil dan MPP," kata salah satu petugas penyemprotan desinfektan yang tidak bersedia

Pantauan antara sebanyak tigaorang petugas kesehatan lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD) dari Diskes Pekanbaru melakukan penyemprotan sejak pukul 09.00 WIB.

Hampir satu jam pelayanan di MPP Pekanbaru terpaksa dihentikan sementara, akibat petugas melakukan penyemprotan di setiap sudut ruangan hingga kursi tunggu pengunjung.

Ribuan warga yang ingin mengakses layanan di MPP Pekanbaru pun terpaksa menunggu di luar gedung sambil menunggu petugas yang sedang bekerja.

"Selain penyemprotan disinfektan, kami juga sediakan empat hand sanitizer di setiap sisi ruangan. Bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membersihkan tangan mereka dalam upaya pencegahan Covid-19 ini," kata Kepala DPM-PTSP Pekanbaru, Muhammad Jamil.

Selain itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan di gedung Dukcapil yang berada berdampingan dengan gedung MPP Pekanbaru.

Sekitar pukul 10.00WIB petugas selesai melakukan penyemprotan, dan layanan kembali dibuka kembali.

Jamil menyebut, terkait wabah Covid-19 ini pelayanan tetap berjalan normal. Tidak ada pembatasan layanan hingga sejauh ini. Layanan tetap dapat diakses seperti biasanya dan tidak ada pengurangan waktu jam layanan.

"Tetap berjalan seperti biasa layanan disini, tidak ada batasan. Ke depannya mungkin akan kembali dilakukan penyemprotan disinfektan ini," terangnya

Baca juga: Cegah COVID-19, Pekanbaru hentikan car free day tanpa batas waktu

Baca juga: Sekolah di Pekanbaru dihentikan selama 14 hari antisipasi COVID-19