Kabut Asap Ganggu Jadwal Penerbangan Bandara Dumai

id kabut asap, ganggu jadwal, penerbangan bandara dumai

Dumai, 4/7 (ANTARA) - Kabut asap tebal sisa kebakaran hutan dan lahan yang menyelimuti sebagian besar wilayah Kota Dumai, Riau, mengganggu aktivitas penerbangan di Bandar Udara Pinang Kampai Dumai, dimana satu jadual penerbangan tertunda selama satu jam.

Kepala Bandara Pinang Kampai Dumai, Irvan, kepada ANTARA di Dumai, Senin, mengatakan, jadual penerbangan yang terganggu kabut asap tersebut yakni penerbangan pesawat jenis fokker 50 Pelita Air sewaan PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) rute Dumai-Jakarta.

"Pesawat carter ini seharusnya terbang pada pukul 07.30 WIB, namun mengingat jarak pandang berada di bawan 1.000 meter, terpaksa ditunda hingga pukul 08.30 WIB," ujarnya.

Jarak pandang pada pukul 08.30 WIB menurut Irvan, sudah berada di atas 2.000 meter sehingga penerbangan dinyatakan layak.

Penipisan kabut asap hari ini menurut Irvan cenderung cepat akibat tiupan angin berada di atas lima kilometer per jam.

Ia menguraikan, pada hari ini pihaknya menjadualkan dua penerbangan dengan tujuan yang sama, yakni Dumai-Jakarta.

"Keduanya pesawat carteran yang sama, namun untuk jadual selanjutnya, yakni pada pukul 13.00 WIB, pesawat Pelita Air di sewa oleh PT Pertamina," tuturnya.

Pada hari Minggu (3/7), Bandar Udara Pinang Kampai Dumai, juga sempat terkepung kabut asap tebal yang berasal dari sisa kebakaran hutan dan lahan. Beberapa jadwal penerbangan juga sempat ditunda.