Memantapkan tangga juara, Liverpool hentikan perlawanan sengit West Ham di Anfield

id liverpool,west ham,liga inggris,sadio mane,georginio wijnaldum,mohamed salah,lukasz fabianski

Memantapkan tangga juara, Liverpool hentikan perlawanan sengit West Ham di Anfield

Penyerang Liverpool Sadio Mane (kanan) melakukan selebrasi bersama Trent Alexander-Arnold seusai mencetak gol ke gawang West Ham United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Senin (24/2/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - The Reds Liverpool menghentikan perlawanan sengit West Ham United dan akhirnya mengunci kemenangan 3-2 atas tamunya tersebut dalam laga pekan ke-27 Liga Inggris di Stadion Anfield, Selasa WIB.

West Ham tak gentar menantang sang pemuncak klasemen dan boleh dibilang jadi tim tamu terbaik yang bertandang ke Anfield di Liga Inggris musim ini.

Kebobolan cepat karena tandukan Georginio Wijnaldum saat laga baru berjalan sembilan menit, membuat West Ham segera membalas juga melalui gol sundulan yang dicetak oleh Issa Diop tiga menit berselang.

West Ham bahkan bisa berbalik unggul 2-1 sembilan menit setelah babak kedua berjalan lewat gol Pablo Fornals, tetapi sang pimpinan klasemen memperlihatkan keperkasaan mereka.

Mohamed Salah terlebih dulu menyamakan kedudukan memanfaatkan penampilan di bawah performa terbaik yang diperlihatkan kiper Lukasz Fabianski, sebelum Sadio Mane memastikan kemenangan Liverpool.

Hasil itu sekaligus membuat tim besutan Juergen Klopp kini mengumpulkan 77 poin atau merestorasi keunggulan 22 poin dari juara bertahan Manchester City (55) yang berada di posisi kedua, sedangkan West Ham (24) harus rela tertahan di urutan ke-18 alias zona degradasi.

Fabianski hampir membayar mahal atas ketidakcermatannya melakukan sapuan dan tendangannya memantul kena kaki Mane yang menutup ruang kiper asal Polandia itu, beruntung bola masih melenceng di sisi gawang pada menit kedelapan.

Namun, satu menit kemudian Fabianski gagal melakukan antisipasi sempurna atas bola tandukan Wijnaldum menyambut umpan silang Trent Alexander-Arnold yang sebetulnya tidak terlalu tampak berbahaya.

Kesalahan Fabianski ditutupi oleh penampilan berani rekan-rekannya yang sukses membalas dan menyamakan kedudukan pada menit ke-12 lewat sundulan Diop dalam situasi sepak pojok.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum setelah West Ham cukup terbantu mistar gawang yang sempat menolak bola tandukan Virgil van Dijk.

Liverpool berusaha memasuki babak kedua sebaik babak pertama dan sukses menguasai pertandingan, tetapi di luar dugaan West Ham justru mencuri keunggulan ketika Declan Rice mengirimkan umpan silang yang diselesaikan dengan tembakan sentuhan pertama Pablo Fornals demi memperdaya kiper Alisson Becker pada menit ke-54.

Baca juga: Brace Aubameyang bawa Arsenal salip Everton

Gol itu melecut semangat para pemain Liverpool kian terpacu untuk mengejar ketertinggalan, tetapi Roberto Firmino membuang sia-sia peluang di depan mata ketika ia gagal membaca arah bola di hadapan gawang yang sudah tak bertuan.

Dewi Fortuna agaknya memang menatap lekat-lekat ke arah Liverpool musim ini, sebab pada menit ke-68 mereka berhasil menyamakan kedudukan lewat tembakan Salah yang gagal diantisipasi Fabianski. Bola lemah malah bergulir di bawah kaki Fabianski ke dalam gawang.

Kedua tim sama-sama berpeluang untuk merebut keunggulan lagi, tetapi tembakan Salah bisa dimentahkan Fabianski sedangkan di sisi gawang berbeda Alisson menggagalkan peluang berbahaya Sebastien Haller.

Pada menit ke-81, penentuan terjadi setelah bola liar jatuh di hadapan Alexander-Arnold yang segera mengirim umpan tarik demi diselesaikan Mane di muka gawang untuk membawa Liverpool kembali unggul 3-2.

Baca juga: Timo Werner akan gabung Liverpool?

Lima menit kemudian, Mane kembali menyarangkan bola ke gawang West Ham tetapi golnya dianulir sebab ia terlanjur berada dalam posisi offside saat menerima umpan Alexander-Arnold.

Lantas Alisson memainkan peranan penting dengan sebuah penyelamatan gemilang menghentikan peluang emas West Ham yang diperoleh Jarrod Bowen hanya semenit sebelum bubaran waktu normal.

Liverpool menang 3-2 ketika peluit tanda laga usai berbunyi, membuat The Reds kini hanya berjarak empat kemenangan untuk memastikan gelar juara Liga Inggris.

Baca juga: Ini dia Paul Scholes baru MUBaca juga: Gelar juara di depan mata, Liverpool bantai Southampton 4-0

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (Alex Oxlade-Chamberlain), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (Joel Matip)

Pelatih: Juergen Klopp

West Ham United (4-1-4-1): Lukasz Fabianski; Jeremy Ngakia, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Declan Rice; Robert Snodgrass (Jarrod Bowen), Tomas Soucek (Pablo Fornals), Mark Noble; Felipe Anderson (Sebastien Haller); Michail Antonio

Pelatih: David Moyes