Masyarakat Jangan Terpengaruh Materi Sesaat Saat Pilkada

id masyarakat jangan, terpengaruh materi, sesaat saat pilkada

Pekanbaru,24/4(ANTARA)- Tokoh masyarakat Riau, Wan Abu Bakar mengimbau warga Pekanbaru dalam memilih pemimpin berdasarkan hati nurani dan tidak terpengaruh materi sesaat.

"Masyarakat pada saat pemilihan nanti, jangan memilih pemimpin berdasarkan materi yang diberikan. Terutama menjelang pelaksanaan Pilkada," kata Wan di Pekanbaru, Minggu.

Mantan gubernur ini juga mengingatkan masyarakat untuk lebih memilih figur yang paham akan pemerintahan dan bersih.

"Masyarakat juga jangan hanya melihat dari kendaraan politik yang digunakan calon. Calon boleh saja memanfaatkan kendaraan politik ini ataupun itu, tapi masyarakat diminta lebih cerdas lagi," tambahnya.

Dirinya melihat saat ini terjadi intervensi oleh kekuatan yang lebih besar yang menginginkan calon tertentu dalam pemilihan wali kota. Namun ia optimis masyarakat sudah cerdas dalam menggunakan hak pilihnya.

"Jangan memilih calon yang sudah berbuat curang sejak masa sosialisasi. Awalnya saja sudah korupsi, bagaimana nantinya ketika menjabat sebagai wali kota," katanya.

Wan juga meminta KPU, Panwaslu maupun tokoh masyarakat untuk terus mengawasi pelaksanaan Pilkada Pekanbaru agar berjalan bersih, aman dan tertib.