Produsen popok Uni-Charm resmi melantai di bursa, ini harga sahamnya

id ipo,uni-charm,bei,bursa,popok,berita riau antara,berita riau terbaru

Produsen popok Uni-Charm resmi melantai di bursa, ini harga sahamnya

Jajaran Direksi PT Uni-Charm Indonesia Tbk (UCID) membuka perdagangan saham bersamaan dengan pencatatan perdana saham UCID di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat. (Antara News/Citro Atmoko)

Jakarta (ANTARA) - Produsen popok dan pembalut PT Uni-Charm Indonesia Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia melalui skema penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Jakarta, Jumat.

Direktur Utama Uni-Charm Indonesia Yuji Ishii mengatakan, harga perdana saham yang ditawarkan dan dibuka sebesar Rp1.500 per lembar saham dan diharapkan akan mendapatkan respons positif dari investor di hari pertama perdagangannya.

"Pencatatan saham ini merupakan bukti komitmen Uni-Charm Indonesia kepada para stakeholders dan rekanan usaha kami," ujar Yuji.

Perusahaan berkode emiten UCID tersebut menerbitkan saham sebanyak 831,3 juta lembar saham ke masyarakat atau 20 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh.

Dengan demikian, perseroan mendapatkan dana dari IPO sekitar Rp1,25 triliun.

Uni-Charm berencana menggunakan 64,6 persen dana yang diperoleh dari IPO untuk kebutuhan belanja modal, 20,6 persen untuk pembayaran utang, dan 14,8 persen untuk modal kerja.

Adapun yang bertindak selaku penjamin pelaksana emisi efek adalah PT Sinarmas Sekuritas.

Pada perdagangan perdana, saham UCID di BEI naik 100 poin atau 6,67 persen menjadi Rp1.600 per saham dibandingkan harga IPO.

Berdasarkan data Euromonitor pada 2018, pangsa pasar produk Uni-Charm di Indonesia untuk popok bayi mencapai 49,8 persen, 42,1 persen untuk pembalut wanita, dan 46 persen untuk popok dewasa.

Baca juga: Saham Garuda turun usai pemberhentian Dirut

Baca juga: Pemegang saham BRK akan buka seleksi calon Dirut