VIDEO - Penyuluhan hukum LBH Tuah Negeri Nusantara di Pekanbaru

id LBH,bantuan hukum,berita riau antara,berita riau terbaru

VIDEO - Penyuluhan hukum LBH Tuah Negeri Nusantara di Pekanbaru

Lembaga Bantuan Hukum Tuah Negeri Nusantara Pekanbaru melakukan penyuluhan hukum di salah satu cafe Jl Ronggo Warsito, Pekanbaru. (ANTARA/Vijay Kantaw)

Pekanbaru (ANTARA) - Lembaga Bantuan Hukum Tuah Negeri Nusantara Pekanbaru melakukan penyuluhan hukum di salah satu cafe Jl Ronggo Warsito, Pekanbaru.

"Kami melakukan penyuluhan ini agar masyarakat dan mahasiswa tau bahwa LBH Tuah Negeri membantu masyarakat yang tidak mampu membantu dalam mengahadapi hukum secara gratis," kata Ketua Lembaga Bantuan Hukum Tuah Negeri Nusantra, Suardi.

Penyuluhan dihadiri oleh beberapa masyarkaat umum, 30 mahasiswa Universitas Islam Riau dan dihadiri pula oleh ketua Sapma PP Pekanbaru, Arby Hidayat.



Penyuluhan bantuan hukum tersebut bagi masyarakat miskin berdasarkan UU Nomor 16 tahun 2011, dalam hal ini pemateri menjelaskan tentang bantuan masyarkat miskin yang diberikan oleh devisi penyuluhan LBH Tuah Negeri Nusantara, Kingkel Panah Grossman.

"Bagi masyarakat yang tidak mampu, cukup membawa surat keterangan tidak mampu, maka kami akan membantu sampai perkara selesai, tanpa dipungut biaya sepeserpun," kata Kingkel Panah Grossman.

Dalam penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan hukum dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

UUD 1945 menyebutkan bahwa setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan, yang artinya pengetahuan dan kesadaran hukum masyarakat menjadi tanggung jawab bersama.

LBH Tuah Negeri Nusantara Pekanbaru juga mengaspresiasi atas apa yang dilakukan oleh kanwil Kemenkumham Provinsi Riau dengan mengeluarkan anggaran sebesar 83 juta pertahun untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam menghadapi permasalahan hukum.

Baca juga: LBH Pekanbaru bantu warga miskin berperkara hukum secara gratis

Baca juga: LBH Apdesi Riau buka posko pengaduan penggarapan lahan ilegal