Pekanbaru akan terbitkan peraturan larangan pakai kantong plastik

id sampah plastik,regulasi larangan pakai plastik,wali kota pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

Pekanbaru akan terbitkan peraturan larangan pakai kantong plastik

Pekerja menggoreng tahu di salah satu pabrik tahu di Tropodo, Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (26/11/2019). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, sedang mempersiapkan berkas Peraturan Wali Kota (Perwako) tentang pelarangan penggunaan kantong plastik di wilayah setempat.

"Kita masih konsul ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, setelah sebelumnya sudah diharmonisasikan dengan bagian hukum," kata Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Zulfikri, di Pekanbaru, Rabu.

Zulfikri menjelaskan niat menerbitkan Perwako pelarangan kantong plastik karena ingin menjaga keberlangsungan lingkungan dan mengurangi limbah sampah plastik.

Ia menyebut bahwa Kota Pekanbaru bukanlah kota pertama yang bakal melarang penggunaan kantong plastik.

Kota Banjarmasin sudah lebih dahulu melarang penggunaan kantong plastik.

Mereka mempersiapkan Peraturan Walikota. Kini Pekanbaru menyusul untuk menerbitkan Perwako larangan penggunaan kantong plastik.

Ia berjanji Perwako ini akan siap dan bisa diterapkan mulai tahun 2020.

"Naskahnya sudah sampaikan ke Kementrian LHK," jelasnya.

Menurut dia Perwako ini pada tahap awal melarang penggunaan kantong plastik di pusat perbelanjaan modern. Dengan regulasi melarang pemakaian kantong plastik bagi ritel dan swalayan.

Zulfikri menyarankan dalam berbelanja nantinya warga bisa menggunakan tas belanja ramah lingkungan.

"Jadi masyarakat yang berbelanja sudah membawa kantong belanja dari rumah," ujarnya.

Ia yakin tidak sulit mengurangi sampah plastik. Masyarakat bisa memulainya dengan menggunakan kantong belanja ulang pakai.

Bahkan sambung dia penerapan perwako itu di tahun depan bakal menguntungkan pelaku usaha. Para pengelola ritel dan swalayan tidak perlu lagi menyediakan kantong plastik.

"Sebenarnya sejumlah ritel di Pekanbaru sudah berlakukan plastik berbayar. Walau kebijakan dari masing-masing namun berupaya menekan pemakaian," pungkasnya.

Baca juga: VIDEO - Objek wisata di Pekanbaru ubah sampah plastik jadi paving blok

Baca juga: Warga Pulau Rupat bersihkan sampah plastik yang cemari objek wisata Pantai Tanjung Lapin