Karhutla Riau - Sejumlah penerbangan Bandara SSK II Pekanbaru tertunda akibat asap

id Pekanbaru, kabut asap, bandara, Riau, karhutla,riau berasap,karhutla riau, karhutla terkini

Karhutla Riau - Sejumlah penerbangan Bandara SSK II Pekanbaru tertunda akibat asap

Sejumlah penerbangan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru tertunda akibat kabut asap pekat. (ANTARA/Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - Sejumlah penerbangan yang beroperasi di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pada Rabu tertunda akibat kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan (Kahutla) yang menyebabkan jarak pandang terbatas.

Pantauan Antara di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru, sedikitnya ada dua penerbangan kedatangan yang tertunda. Penerbangan pertama adalah Lion Air JT 124 dari Kualanamu, Medan. Penerbangan itu seharusnya mendarat pukul 8.40 WIB namun hingga kini belum ada kepastian waktu pendaratan.

Selain itu, Citilink QG 928 yang juga dari Kualanamu juga tertunda.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jarak pandang di Kota Pekanbaru pada Rabu pagi hanya berkisar 500 meter. Sementara menjelang siang jarak pandang berangsur membaik berkisar 700 meter.

Tertundanya kedatangan pesawat juga terjadi pada Batik Air nomor penerbangan 6856 dari Jakarta, pagi tadi. Seorang petugas informasi Bandara SSK II Pekanbaru menyatakan pesawat Batik Air sempat berputar-putar di udara selama satu jam sebelum akhirnya mendarat pukul 08.30 WIB.

"Seharusnya Batik pukul 07.35 WIB namun baru mendarat 08.30 WIB. Tadi pagi jarak pandang sekitar 300 meter," ujarnya.

Kasi Data Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzukimengatakan sebanyak 334 titik panas dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen menyebar di sembilan kabupaten di Riau hari ini.

"Titik panas tersebar di Rokan Hilir 97 titik, Pelalawan 93, Indragiri Hilir 46 titik panas," katanya.

Selain itu, titik panas yang terpantau melalui citra Satelit Terra dan Aqua itu turut menyebar di Bengkalis 10 titik panas, Kampar 18 titik panas, Dumai 14, Kuansing tiga titik, Indragiri Hulu 52 titik serta Rokan Hulu satu titik panas.

Catatan Antara titik panas tersebut merupakan rekor terbaru di Riau. Sejak awal 2019 lalu, titik panas terbanyak di Riau hanya menyentuh 200-an. Kemunculan titik panas hingga lebih dari 300 titik itu sungguh ironi sebab terjadi sehari kepulangan Jokowi ke Riau sejak Senin malam kemarin.

Dari jumlah itu, BMKG menyatakan 205 titik di antaranya sebagai titik api atau indikasi kuat terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan hingga 100 persen.

Titik api menyebar di Bengkalis dan Kampar enam titik, Dumai 10 titik, Kuansing satu, Pelalawan 61 titik api, Rokan Hilir 58 titik api, Indragiri Hulu 36 titik api serta Indragiri Hilir 27 titik api.

Kemunculan ratusan titik panas tersebut juga berimbas dengan kabut asap pekat yang menyelimuti wilayah Riau. Di Pekanbaru, kabut asap menyebabkan jarak pandang hanya berkisar 500 meter. Sementara di Rengat dan Pelalawan jarak pandang lebih pendek berkisar 400 meter.

Baca juga: Jarak pandang di Pekanbaru anjlok jadi tinggal 500 meter

Baca juga: Karhutla Riau - (VIDEO) Posko Peduli Asap mulai dipadati warga

Baca juga: Karhutla Riau - Ini pesan unik korban asap Rimbo Panjang