Sebelum Panglima TNI melintas di Monumen Tugu Api, masker di patung dilucuti

id kabut asap,karhutla,tugu api pekanbaru,panglima tni,berita riau antara,berita riau terbaru,riau berasap, save riau, karhutla riau, melawan asap

Sebelum Panglima TNI melintas di Monumen Tugu Api, masker di patung dilucuti

Foto sebelum dan sesudah saat patung di Monumen Perjuangan Rakyat Riau atau yang akrab disebut Tugu Api, dipasang masker oleh orang tak dikenal dan setelah dicopot oleh Satpol PP Riau, Sabtu (14/9/2019). (Antaranews/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Sejumlah petugas Satpol PP Provinsi Riau terlihat tergopoh-gopoh memanjat Monumen Perjuangan Rakyat Riau atau yang akrab disebut Tugu Api untuk mencopot masker di wajah dua patung pada Sabtu siang.

Sebelumnya, orang tak dikenal memasang masker medis di dua patung di Tugu Api saat kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pekat menyelimuti Kota Pekanbaru.

Berdasarkan pantuan ANTARA, Sabtu, masker warna hijau terlihat menutupi hidung dan mulut dua patung di Tugu Api yang lokasinya tepat di depan Gedung Daerah Riau di simpang empat Jalan Dipponegoro dan Jalan Gajah Mada. Dua patung tersebut berdiri di tengah monumen, menggambarkan sosok prajurit TNI memegang senjata dan rakyat menggunakan bambu runcing. Patung tersebut berdiri di atas pelataran yang berisi relief perjuangan dan diapit patung api pada kanan-kirinya.

Pencopotan masker tersebut dilakukan tidak lama sebelum rombongan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo melewati monumen itu untuk rapat penanganan Karhutla di Gedung Daerah Riau bersama Gubernur Riau Syamsuar.

Rapat itu sendiri berlangsung tertutup dari wartawan.

Baca juga: Karhutla Riau - Patung Tugu Api dipasang masker

Kepala SatpolPP Riau, Zainal, tidak merespon ketika dikonfirmasi ANTARA terkait pencopotan masker di patung Monumen Tugu Api.

Gelombang protes warga Riau terkait penanganan Karhutladi Riau makin santer sejak awal pekan ini karena kabut asap makin pekat menyelimuti sebagian besar wilayah Riau, khususnya di Kota Pekanbaru. Kabut asap karhutlasudah membuat kualitas udara turun drastis dan pencemaran jerebu sudah masuk kategori berbahaya.

Protes warga tidak hanya berupa aksi demo yang memprotes Gubernur Riau Syamsuaryang juga Komandan Satgas KarhutlaRiau, yang memilih tugas ke Thailand ketika kabut asap pekat. Lini massa di media sosial juga ramai dengan tagar #melawanasap#RiauDibakarBukanTerbakardan #IndonesiaDaruratAsap

Tagar tersebutnangkringdi peringat atas trendingtopicdi mikroblogtwitter.

Baca juga: Karhutla Riau - Sheila On 7 pastikan batal manggung di Pekanbaru karena kabut asap

Baca juga: Karhutla Riau - Dua pesawat cassa TNI AU disiapkan untuk operasi hujan buatan

Baca juga: KLHK segel lahan PT Adei perusahaan sawit Malaysia yang diduga dibakar di Riau, begini penjelasannya


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar