Biaya Pengurusan Paspor Di Dumai Turun

id biaya pengurusan, paspor di, dumai turun

Dumai, 23/12 (ANTARA) - Kepala Kantor Imigrasi Kota Dumai, Riau, Icon Siregar, mengatakan, mulai 1 Januari 2011 biaya pengurusan paspor turun dari Rp270 ribu menjadi Rp255 ribu.

"Rencana turunnya harga paspor ini sekaligus menyangkal isu tentang kenaikan biaya pengurusan paspor seperti yang diembuskan selama ini, "kata Icon di Dumai, Rabu.

"Hingga kini biaya pengurusan paspor belum mengalami perubahan dan tetap Rp270 ribu. Bahkan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Hukum dan HAM tanggal 13 Desember 2010, per 1 Januari 2011 kita akan menghentikan pemungutan biaya sidik jari kepada pemohon paspor sebesar Rp15 ribu yang artinya biayanya menjadi berkurang," terang dia.

Dengan penghapusan biaya sidik jari ini, Icon mengharapkan agar masyarakat pemohon dokumen keimigrasian paspor untuk tidak terpancing dengan isu yang tidak jelas dan menyesatkan serta bersedia menanyakan langsung ke Kanim Dumai terkait isu yang beredar.

"Karena jika ada perubahan terhadap sistem dan prosedur pelayanan pengurusan izin keimigrasian, pihak Imigrasi Dumai pasti mengumumkannya secara luas kepada masyarakat baik itu melalui media maupun sosialisasi langsung," paparnya.

Pada kesempatan terpisah, seorang warga Dumai, Ardiansyah (34) mengaku resah dengan adanya isu biaya pembuatan paspor yang mengalami kenaikan pada 2011.

"Bahkan yang kita dengar, harganya mencapai Rp1 juta hingga Rp2 juta," katanya.

Akibat isu itu, ia beserta istri dan dua anaknya bergegas untuk membuat paspor ke Kantor Imigrasi.

"Saya dan keluarga rencananya ingin berlibur Natal ke Malaysia karena disana ada saudara. Makanya begitu ada isu kalau paspor mau naik, kita langsung mengurusnya disamping paspor kami juga sudah kadaluarsa," terangnya.