30 Ribu Pelanggan PLN Dumai Nunggak

id 30 ribu, pelanggan pln, dumai nunggak

Dumai, 21/12 (ANTARA) - Sedikitnya ada 30 ribu pelanggan PT PLN Cabang Kota Dumai, Riau, yang masih nunggak dalam pelunasan rekening listrik.

Dari puluhan ribu pelanggan tersebut, nilai tunggakan yang harus diselesaikan hingga akhir tahun ini mencapai Rp1 miliar lebih, kata Manajer PLN Rayon Dumai Kota Hendri Poltak Pasaribu kepada ANTARA di Dumai, Selasa.

Hendri menjelaskan, membludaknya pembayaran tagihan saat batas akhir pembayaran sudah mulai dirasa sejak akhir November 2010 lalu.

"Padahal, PLN setiap bulannya selalu memberikan waktu yang panjang bagi pelanggan untuk menyelesaikan tunggakan tagihan rekening listrik," katanya.

Hendri menegaskan jika saat ini PLN komit untuk menggenjot tunggakan tagihan listrik hingga akhir tahun dengan tindakan tegas melalui pemutusan rampung yang dijalankan petugas rampung (Tusbung) sebanyak 32 tim yang akan mendatangi rumah pelanggan yang menunggak.

"Bagi pelanggan tersebut, tidak ada toleransi karena di penghujung tahun 2010 ini semua pembukuan serta tunggakan harus mencapai titik nol," tegasnya.

Petugas Tusbung, papar Hendri, akan terus beroperasi ke rumah pelanggan yang menunggak hingga akhir tahun.

"Untuk itu kita harapkan para pelanggan agar dapat memanfaatkan layanan PLN diberbagai tempat yang sangat membantu dan mudah terjangkau," ucapnya.

Disisi lain, sejumlah pelanggan PLN Dumai yang berhasil ditemui ANTARA pada loket pembayaran rekening listrik rata-rata mengaku keberatan atas tindakan tegas PLN tersebut.

Menurut mereka apa yang dilakukan PLN sudah melampaui batas kewajaran.

"PLN kan milik negara, sudah sewajarnya masyarakat kecil kayak kita itu diberi keringanan, tidak berupa diskon, cukup keringanan jangka waktu pembayaran saja sudah cukup," kata Wita, seorang pedagang sayur di Kota Dumai.