Kempo - 18 emas diperebutkan pada Porkot Pekanbaru VII

id Kempo,porkot pekanbaru

Kempo - 18 emas diperebutkan pada Porkot Pekanbaru VII

Para atlet Kempo. (ANTARA/Suparman)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 18 medali emas akan diperebutkan di cabang Kempo yang diikuti oleh 70 atlet di Pekan Olahraga Kota (Porkot) Pekanbaru VII tahun 2019.

"Ada enam kecamatan yang mengirimkan atletnya ke Porkot," kata Ketua Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia (Perkemi) Pekanbaru Arif di Pekanbaru, Ahad.

Arif menjelaskan, dari 12 kecamatan yang ikut padaPorkot Pekanbaru VII tahun 2019, separuhnya saja yang menyertakan untuk olahraga beladiri yang satu ini.

"Adapun enam kecamatan yang mengirim itu Rumbai Pesisir Marpoyan, Senapelan, Rumbai, Sail dan juga Kecamatan Tampan," ujar Arif.

Acara pembukaan untuk memperebutkan medali emas Kempo dilakukan di lantai 3 Central Plaza Kota Pekanbaru, Sabtu (7/9/2019).

Ia menambahkan , Porkot ini adalah tahapan untuk bisa mengikuti kejuaraan-kejuaraan lainnya, baik itu skala Provinsi, nasional maupun internasional.

"Jadi tidak ada yang namanya tiba-tiba dia jadi atlet nasional tanpa mengikuti tahapan-tahapan tersebut. Dan setelah Porkot ini kejuaraan terdekat adalah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2021 di Kuantan Singingi," tutur Arif.

Ia berpesan kepada seluruh atlet untuk bertanding secara sportif.

"Menang kalah itu biasa, yang menang jangan berbesar hati dan yang kalah harus semakin rajin lagi untuk latihan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Pekanbaru Anis Murziel mengatakan Porkot ini adalah parameter awal untuk menuju ke jenjang berikutnya.

"Ketika di Porkot berprestasi, maka tahun 2020 mendatang kami akan memanggil para juara untuk masuk ke pusat pelatihan untuk menghadapi Porprov 2021. Kita akan undang para pemenang untuk masuk ke pusat pelatihan," jelasnya.

"Namun belum tentu juga yang masuk ke pusat pelatihan akan mewakili Riau di Porprov. Kalau saat pelatihan mengalami penurunan atau stagnan, ya akan kita ganti dengan yang lain. Untuk itu memang harus serius menjalani pelatihan nantinya," imbuhnya.

Disampaikan Anis lagi, pihaknya sudah tiga kali kehilangan gelar juara umum dan lepas ke daerah lain.

"Saat Porprov di Tembilahan kita juara 2, saat di Inhu juga juara 2. Bahkan Porprov di Kampar kita turun menjadi juara 3. Untuk itu Porprov 2021 mendatang kita harus bisa juara umum," pungkasnya.

Sebagai informasi, kejuaraan beladiri Kempo Porkot Pekanbaru 2019 ini sudah digelar sejak Jumat (6/9/2019). Dan hari ini adalah hari ketiga .

Baca juga: Bengkalis Juara Umum Kejurnas Kempo Di Yogyakarta
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar