Haji - 26 Calon Haji Rohil Tertipu Agen Perjalanan

id haji -, 26 calon, haji rohil, tertipu agen perjalanan

Pekanbaru, 11/11(ANTARA) - Sedikitnya 26 Calon Jamaah Haji (Calhaj) asal Bagan Batu, Rokan Hilir Provinsi Riau tertipu agen perjalanan haji, setelah sebelumnya pada Rabu (10/11) 20 Calhaj di Pekanbaru mengalami kejadian serupa.

"Kita memang mendapat informasi, kalau 26 calon haji asal Rokan Hilir tertipu agen perjalanan. Mereka dinyatakan gagal berangkat ketika sudah berada di Bandara Polonia, Medan," ujar Kepala Kantor Urusan Agama Bagan Batu, Usman S.Ag yang dihubungi, Kamis.

Ia menyebutkan, saat ini calon haji tersebut dalam perjalanan menuju daerah asalnya di Rokan Hilir. Disebutkannya, calon haji tersebut tertipu oleh travel Umairoh.

Kepala Bidang Haji Wakaf dan Zakaf Kanwil Kementrian Agama Riau, Mahyudin mengatakan, calon haji harus proaktif melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

"Calon haji dalam hal ini sudah dirugikan, karena diiming-imingi dengan keberangkatan. Padahal kenyataannya, mereka tidak jadi diberangkatkan," tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa untuk tahun ini kuota calon haji khusus secara nasional sebanyak 221 orang. Jadi, katanya, calon haji khusus yang tertipu tersebut tidak termasuk dalam kuota.

"Visa mereka tidak keluar. Oleh sebab itu mereka tidak jadi diberangkatkan. Lagipula, mulai jam 24.00 waktu Arab Saudi kemarin Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, sudah ditutup untuk kedatangan calon haji," jelasnya.

Disebutkannya, rata-rata biaya yang dikeluarkan oleh calon haji khusus tersebut berkisar Rp70-Rp75 juta.

"Pihak Kementerian Agama mengimbau calon haji yang menggunakan haji khusus tidak percaya sepenuhnya pada agen perjalanan. Lebih baik, mendaftar sendiri di Kementerian Agama Pusat baru kemudian mencari agen perjalanan yang akan memberangkatkan," katanya.