Bengkalis Eliminasi Ratusan Anjing Antisipasi Rabies

id bengkalis eliminasi, ratusan anjing, antisipasi rabies

Bengkalis, 3/11 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Riau, melakukan eliminasi atau pemusnahan terhadap 342 anjing untuk mengantisipasi penyebaran virus rabies.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bengkalis Herliawan saat dihubungi ANTARA dari Kota Dumai, Rabu, mengatakan, eliminasi ratusan anjing yang rata-rata sudah tidak bertuan itu dilakukan sejak awal 2010.

"Langkah ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies karena anjing tidak bertuan dikhawatirkan ditinggalkan pemiliknya karena mengalami kelainan pada fisik dan perilakunya," ungkapnya.

Ia menerangkan, setelah dilakukan klasifikasi terhadap ratusan anjing yang terkena eliminasi tersebut, terdeteksi sekitar 100 anjing positif rabies, selebihnya masih gejala atau dugaan.

Secara terpisah, Kepala Seksi Pencegahan Penanggulangan Penyakit Hewan pada instansi yang sama Muhammad Bero menambahkan, selain mengeleminasi, pihaknya juga melakukan vaksinasi terhadap seluruh hewan bertaring termasuk anjing.

"Berdasarkan rangkuman data, ada sekitar 1.124 hewan bertaring yang diduga sebagai penyebar virus rabies, terutama anjing," terangnya.

Vaksinasi tersebut, terangnya, dilakukan kepada hewan-hewan yang berada di beberapa kecamatan atau wilayah yang paling rentan penyebaran virus rabies yakni Kecamatan Mandau, Pinggir, dan Kecamatan Bengkalis.

Bero menerangkan, pihaknya juga merencanakan pemantauan terhadap wilayah kecamatan terpencil yakni Kecamatan Rupat dan Rupat Utara yang dikabarkan rentan penularan virus rabies.