Polisi siap bantu tertibkan ternak yang dilepasliarkan pemiliknya di Jalan Lintas Sumatera

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,Polisi siap bantu tertibkan ternak yang dilepasliarkan

Polisi siap bantu tertibkan ternak yang dilepasliarkan pemiliknya di Jalan Lintas Sumatera

Arsip. Hewan ternak Lembu bebas berkeliaran di Jalinsum Aek Nabara perkebunan PTPN3, Kabupaten Labuhanbatu. (Antaranews Sumut/Kurnia)

Mukomuko (ANTARA) - Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan siap membantu Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran setempat menertibkan hewan ternak sapi, kerbau dan kambing yang dilepasliarkan oleh pemiliknya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah ini. “Kami siap membantu menertibkan hewan ternak yang dilepasliarkan di jalan daerah ini, demi kenyamanan warga yang mudik dan balik lebaran tahun ini,” kata Kabag Operasi Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko Kompol Hasdi dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu terkait banyaknya hewan ternak sapi, kerbau dan kambing yang dilepasliarkan oleh pemiliknya di sepanjang Jalan Lintas Sumatera di daerah ini saat mudik dan balik lebaran.

Baca juga: PUPR Pekanbaru sudah perbaiki jalan rusak untuk kelancaran arus mudik

Ia mengatakan, kepolisian resor setempat tahun sebelumnya dilibatkan dalam tim ketertiban umum yang bertugas salah satunya menertibkan hewan ternak yang dilepasliarkan oleh pemiliknya di jalan raya, pemukiman penduduk dan fasilitas umum di daerah ini.

“Tahun ini belum ada dalam kegiatan menertibkan hewan ternak yang dilepasliarkan oleh pemiliknya di jalan raya, pemukiman penduduk dan fasilitas umum di daerah ini,” ujarnya.

Terkait dengan penertiban hewan ternak untuk mengantisipasi jangan sampai hewan berkaki empat tersebut mengganggu lalu lintas selama mudik dan balik lebaran tahun ini, ia mengatakan, polisi bersama dengan TNI dan Satpol PP bergabung di pos pengaman untuk menertibkannya.

Ia mengatakan, tugas anggota gabungan polisi, TNI dan Satpol PP di pos pengamanan di daerah ini salah satunya untuk memastikan tidak ada gangguan lalu lintas selama mudik dan balik lebaran.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko A. Halim sebelumnya mengimbau warga yang mudik dan balik lebaran agar mewaspadai hewan ternak sapi, kerbau dan kambing yang berkeliaran di Jalinsum di daerah ini.

“Masih banyak hewan ternak yang berkeliaran di Jalinsum daerah ini. Kami mengimbau warga waspada terhadap hewan ternak di jalan daerah ini,” ujarnya.

Hewan ternak berkeliaran hampir di setiap ruas Jalinsum di daerah ini, baik di pantai tergerus abrasi di Air Punggur Kecamatan Kota Mukomuko hingga Kecamatan Lubuk Pinang.

Baca juga: Terminal Bandaraya Payung Sekaki Pekanbaru berangkatkan 33.790 pemudik

Baca juga: Arus mudik perbatasan Pekanbaru - Sumbar lengang


Pewarta: Ferri Aryanto