Haji - Seorang Calhaj Diturunkan Dari Pesawat Karena Sakit

id haji -, seorang calhaj, diturunkan dari, pesawat karena sakit

Pasir Pengaraian, Riau, 21/10 (ANTARA) - Seorang calon haji (calhaj) asal Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, terpaksa diturunkan dari pesawat dan batal berangkat menunaikan ibadah haji karena sakit.

"Memang awalnya dia sudah tahu jika kondisinya sakit, tapi semangatnya tinggi, ternyata saat didalam pesawat tidak tahan lagi akhirnya diturunkan dari pesawat dan batal berangkat," kata Kepala Kementerian Agama, Kabupaten Rohul, Ahmad Supardi Hasibuan kepada ANTARA saat dihubungi via telefon di Pasir Pengaraian, Kamis.

Dia menjelaskan, salah satu calhaj yang batal berangkat itu bernama Sobirin, calhaj asal Kecamatan IV Koto yang diduga menderita sakit jantung.

"Seharusnya Sobirin diberangkatkan bersama calhaj lainnya pukul 14.00 WIB, Kamis siang," ujarnya.

Ia mengatakan, akhirnya calon haji tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasir Pengaraian untuk mendapat perawatan.

"Dalam penerbangan dari bandara Tuanku Tambusai Rohul menuju Embarkasi Batam sejak dua hari terakhir sudah terdapat tiga calhaj yang batal berangkat karena mendadak sakit, termasuk Sobirin," terangnya.

Ahmad Supardi mengatakan, ketiga calhaj yang batal berangkat itu akan diperioritaskan pada pemberangkatan 2011 mendatang, karena mereka tidak meminta pengembalian Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) yang telah dilunasinya.

Ia menjelaskan, saat ini seluruh calon haji Rohul sudah berada di asrama haji, Batam, dan sedang beristirahat. Kemudian nanti malam akan dilakukan pembagian paspor, sebab besok padi (Jum'at) pukul 10.00 Wib akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

Rencananya calhaj Rohul yang akan diberangkatkan ke Mekkah sebanyak 532 orang, tapi karena tiga orang lainnya batal maka hanya tinggal 529 orang.

"Kita berharap seluruh calhaj yang akan diberangkatkan besok pagi dalam keadaan sehat wal afiat hingga selesai menunaikan ibadah haji dan kembali ke Rohul," ujarnya.