Saat di Riau, Kemendikbud harap peringatan Hardiknas tingkatkan minat baca

id Hardiknas, Riau, kemendikbud

Saat di Riau, Kemendikbud harap peringatan Hardiknas tingkatkan minat baca

Kepala Badan Bahasa Kemendikbud, Prof Dadang Sunendar, dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution di Pekanbaru, Minggu. (Indriani)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Badan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar mengatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini di sejumlah daerah diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

"Kalau bicara pendidikan maka kita bicara mengenai literasi, karena literasi itu mengukur tingkat pendidikan kita semua. Dengan adanya semarak Hardiknas maka kita harapkan minat baca masyarakat dapat meningkat," ucap Dadang saat membuka semarak Hardiknas di Pekanbaru, Riau, Minggu (28/4).

Semarak Hardiknas sendiri, kata dia, merupakan kerja sama pemerintah provinsi Riau, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dan Kemendikbud. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah pameran buku murah yang di Gedung Olahraga Tri Buana, Pekanbaru.

Dengan adanya pameran buku tersebut, dia berharap masyarakat bisa mendapatkan buku-buku berkualitas dengan harga murah.

"Kami melibatkan masyarakat dalam semua kegiatan Hardiknas ini. Basisnya literasi dan semua bersinergi. Kami berharap kerja sama yang baik ini terus berlanjut," tambah dia lagi.

Dadang menambahkan bahwa tema Hardiknas yakni "Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan" selaras dengan cita-cita bangsa.

"Kami mengharapkan momentum Hardiknas ini bisa menjadi momentum bahwa kita benar-benar mengedepankan persoalan pendidikan," tambah dia.

Semua variabel persoalan bangsa dapat diselesaikan melalui pendidikan. Pondasi pendidikan harus kuat. Untuk itu, dia meminta pemerintah daerah untuk memprioritaskan persoalan pendidikan. Selain itu, berdasarkan amanat Undang-undang, pemerintah daerah hendaknya menganggarkan dana sebesar 20 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Baca juga: Guru SMAN 7 Kota Pekanbaru dirikan mobil literasi